Pertama Kali, Lomba 'Rampak Nadhom Imrithy' Ikut Meriahkan Harjalu

Lumajang, Motim - Lomba Kesenian Islami 'Rampak Nadhom Imrithy' yang digelar di Gedung Nahdlatul Ulama Lumajang, Minggu (9/12) menjadi salahsatu agenda rangkaian untuk memeriahkan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-763 Tahun. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Pemkab Lumajang dan RMI PCNU Lumajang diikuti puluhan grup peserta.
Lomba Kesenian Islami 'Rampak Nadhom Imrithy' yang digelar di Gedung Nahdlatul Ulama
Lomba Kesenian Islami 'Rampak Nadhom Imrithy' yang digelar di Gedung Nahdlatul Ulama
Total ada ratusan santri/santriwati yang ikut berpartisipasi dalam kesempatan ini. Mereka meerupakan perwakilan dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Lumajang. Terlihat mereka bersemangat mengikuti perlombaan untuk menjadi bagian dari semarak Harjalu.

Ketua Panitia, sekaligus ketua RMI PCNU Lumajang, H.Ahmad Dzunnajah, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan unik yang pertama diadakan di Lumajang. Karena belum pernah ada sebelumnya.

“Lomba Imrithy bilqotean ini bukan tujuan, tapi ini sebagai sarana agar santri semakin semangat dalam belajar,” katanya.

Sementara itu Gus Muslih, mewakili PC NU Lumajang mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan ini di lestarikan dan dilanjutkan tahun berikutnya. “Kegiatan ini harus dilestarikan dan dilanjutkan tahun berikutnya. Kalau bisa tahun depan bukan hanya imrithy yang di lombakan tapi juga nadhom Alfiyah," ujarnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat setda Lumajang, Iskandar yang mewakili Bupati Lumajang Thoriqul Haq, dalam sambutannya, juga mendukung lomba ini sebagai media untuk merawat tradisi pesantren. Ia juga sangat setuju untuk acara ini di lestarikan di tahun berikutnya sebagai rangkaian kegiatan harjalu.

“Ini adalah kegiatan yang membantu pemerintah dalam membina para generasi muda di Lumajang, terima kasih PC RMI yang telah menyelenggarakan. Lomba ini berjalan dengan sportif tanpa ada KKN, tanpa ada piala bergilir , dan tanpa ada titipan,” pungkasnya. (fit)