Polisi Tangkap Pengedar Pil Koplo, BB Ribuan Butir

Lumajang, Motim - Unit Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polres Lumajang menangkap Wawan Wahyudi bin Misat (28), warga Dusun Krajan Tengah, Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh, di rumahnya pada Selasa (11/12), sekira pukul 09.00 WIB, karena diduga sebagai pengedar pil koplo.
Petugas saat mengamankan tersangka berikut ribuan pil haram
Petugas saat mengamankan tersangka berikut ribuan pil haram
Dari penangkapan itu petugas berhasil mengamankan 1 buah plastik berisi pil berwarna kuning berlogo DMP sebanyak 1000 butir, 1 buah plastiK berisi 550 butir pil berlogo DMP, 1 buah plastiK berisi 826 butir pil warna putih berlogo Y, 1 buah Hp merk Oppo dan uang tunai sebesar 35 ribu rupiah.

“Jumlah pil koplo yang berhasil diamankan total sebanyak 2376 butir. Penangkapan terhadap Wawan Wahyudi ini kami pimpin sendiri Mas,” ungkap Kaur Bin Ops Sat Resnarkoba Polres Lumajang, Iptu Hariyono kepada Memo Timur.

Hariyono juga menyampaikan, selanjutnya pelaku berikut sejumlah barang bukti tersebut terus diangkut menuju ke Sat Resnarkoba untuk proses sidik lebih lanjut. Kepada penyidik, pelaku mengakui apabila ribuan butir pil tersebut miliknya. Pelaku juga mengatakan jika dirinya baru beberapa bulan saja menggunakan sekaligus mengedarkan pil koplo.

Untuk kepentingan proses penyidikan, pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka karena melanggar pasal 197 sub 196 UURI No 36 tahun 2009 tentang kesehatan langsung dilakukan penahanan di rumah tahanan Polres Lumajang.

“Kami masih mendalami dari mana ribuan butir pil dibeli, siapa pemasoknya dan siapa saja yang terlibat dalam peredaran dan penyalahgunaan pil koplo ini. Data sudah kami kantongi semua dan masih diburu oleh anggota,” ungkapnya lagi.

Terungkapnya kasus ini bermula dari laporan warga. Setelah dilakukan penyelidikan hingga beberapa hari, akhirnya unit Opsnal Sat Reskoba berhasil menangkap Wawan di rumahnya lengkap dengan barang bukti ribuan butir pil koplo yang diduga baru dikulaknya.

“Sekecil apapun informasi yang mencurigakan tolong segera disampaikan ke polisi, biar segera diambil tindakan. Siapa tahu beruntung seperti kasus ini. Selain berhasil mengungkap ribuan butir pil koplo, pelakunya juga tergaet,” pungkas Hariyono.(cho)