Ribuan Personel Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Lumajang, Motim - Ribuan personil gabungan dari berbagai unsur menyatakan kesiapan untuk tetap menjaga keamanan dan kondusifitas di Lumajang selama Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019. Untuk memastikan kesiapan, semua personel mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2018, di Alun-Alun Lumajang, Jum'at (21/12).
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru
Kapolres Lumajang, AKBP. DR. Muhammad Arsal Sahban, SH., SIK., MM., MH mengatakan, Operasi Lilin Semeru ini akan dilaksanakan selama 10 hari. Mulai 23 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

AKBP Arsal menjelaskan, sebelum melaksanakan operasi, jajaran Polres, Kodim, Pemerintah Kabupaten Lumajang sudah melaksanakan kegiatan pra operasi. Seperti melaksanakan pengecekan dan mengamankan seluruh gereja yang ada di wilayah Lumajang.

“Untuk tahun baru, wilayah sekitar Alun-Alun akan dilaksanakan Car Free Night, serta tiga jalur utama masuk ke kota akan disekat mulai dari KTL 1, KTL 2, dan JLT selatan,” katanya.

Kapolres menambahkan, apel digelar, selain mengecek kesiapsiagaan personel, juga pengecekan sarana dan prasarana yang digunakan untuk pengamanan. “Serta memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” tegasnya.

Lanjutnya, untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat Lumajang dari ancaman begal, pihaknya juga sudah membentuk Tim Pemburu Begal. Namun Ia juga meminta peran aktif seluruh masyarakat ikut membantu memberantas begal di Lumajang.

Untuk memantik semangat, kapolres menegaskan, bagi masyarakat yang dapat memberikan informasi atau menangkap pelaku begal atau pencuri hewan ternak akan diberi hadiah. “Gaji Kapolres selama 1 bulan, akan Saya berikan bagi masyarakat yang dapat memberikan informasi atau menangkap pelaku begal atau pencurian hewan,” pungkasnya. (fit)