Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, ada ribuan pemilih penyandang disabilitas di Lumajang. Jumlahnya mencapai 1.288 orang. Mereka sudah masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan siap untuk menyampaikan hak suaranya pada 17 April mendatang.

KPU Lumajang
KPU Lumajang
Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang, jumlah tersebut terbagi atas beberapa kategori penyandang disabilitas. Diantaranya 264 orang Tuna Daksa, 292 orang Tuna Rungu/Wicara, 142 orang Tuna Grahita.

“Untuk penyandang disabilitas lainnya, ada 236 orang,” kata Divisi Perencanaan dan Data KPU Lumajang, Syamsul, S.Pd pada Memo Timur.

Sementara data dari KPU RI yang telah dirilis, total pemilih disabilitas di Indonesia mencapai 363.200 orang. Atau 0,191 persen dari DPT. Tuna Daksa menjadi kategori tertinggi, mencapai 100.765 orang.

Sesuai Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2), total pemilih di Lumajang mencapai 835.053 orang. Dengan rincian laki-laki 407.462 dan perempuan 427.591 orang. Dari jumlah itu, ada 1.265 orang diantaranya yang merupakan pemilih baru.

M. Ridhol Mujib, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM KPU Lumajang menambahkan, pemutakhiran data pemilih masih terus dilakukan. Anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) di masing-masing desa akan menjalankan untuk pendataan.

“Pendataan dilakukan untuk mencari pemilih yang belum masuk DPT, namun sudah memiliki kartu identitas diri. Baik itu KTP Elektronik maupun Surat Keterangan dari Dispendukcapil,” katanya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: