Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Bangunan belum jadi di lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jl. Veteran akhirnya dibongkar, Kamis (31/1). Pembongkaran sesuai instruksi Bupati, Thoriqul Haq karena melanggar aturan. Bahkan bupati memimpin pembongkaran bangunan untuk rumah toko (ruko) itu.

Pembongkaran bangunan di lahan TPU
Pembongkaran bangunan di lahan TPU
Pembongkaran itu melibatkan petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Dengan menggunakan alat manual, pembongkaran berjalan lancar. Tidak ada pihak-pihak yang melakukan penolakan.

Pembangunan ruko di lahan pemakaman Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono itu mangkrak sejak 2016 lalu. Pembangunannya ditolak oleh warga karena berada di lahan TPU. Satpol PP juga turun tangan waktu itu untuk menghentikan proses pembangunan.

Bupati Thoriq menyampaikan, dari penelitian berkas yang dilakukan, tanah di atas bangunan itu milik UPT Pengairan. Namun sudah dialih fungsikan sebagai tanah makam. “Ini tanah makam, bukan tanah perorangan,” ujarnya.

Bukan hanya itu, bupati juga menyebut pelanggaran lainnya. Yakni dalam pembangunan itu tidak ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB). “Jadi lahan ini untuk makam, bukan yang lain. Apalagi makam di sini sempit. Dan padat penduduk,” terangnya.

Bupati menambahkan, awalnya dulu bangunan ini didirikan oleh pemerintah desa setempat. Tapi ada banyak saran hingga penolakan dari masyarakat agar pembangunan dihentikan. “Masyarakat meminta tidak dilakukan untuk bangunan bersifat komersil,” pungkasnya. (cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: