Bantu Gagalkan Pencurian Sapi, Sekda Apresiasi Pilot Drone Diskominfo

Lumajang, Motim - Penjabat Sekretaris Daerah Lumajang, Agus Triyono mengapresiasi pilot drone dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Pasalnya berkat bantuan drone yang dikendalikannya, mampu menemukan sapi yang dicuri.
Pilot drone Diskomifo yang bantu temukan sapi curian
Pilot drone Diskomifo yang bantu temukan sapi curian
“Terima kasih, tetap semangat dalam menjalankan tugas, jangan patah arang meskipun banyak yang mencibir. Saya tetap memberikan apresiasi kepada panjenengan semua,” ujarnya saat apel pagi di halaman Kantor Bupati, Rabu (30/1).

Sebelumnya, pencurian sapi kembali terjadi di Dusun Pucang Rangga, Desa Condro, Kecamatan Pasirian, Senin (28/1/) dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB. Mengetahui hal ini, pihak kepolisian, TNI, dan juga warga setempat segera melakukan pencarian sapi milik Tinarsin itu.

Dalam upaya pencarian, jejak sapi mengarah ke dalam lahan tebu di Desa Bago Kecamatan Pasirian. Sekitar beberapa jam pencarian dilakukan, namun tidak membuahkan hasil. Karena lahan tebu yang ada sangat luas.

Untuk membantu pencarian, pilot drone yang dimiliki Diskominfo Lumajang, Joni dan Dian dimintai tolong. Mereka pun tiba di lokasi dan segera menerbangkan drone di atas lahan tebu tersebut. Pencarian dari udara pun dimulai.

Tidak membutuhkan waktu lama, kamera drone itu menangkap gambar sapi di tengah-tengah lahan tebu. Mengetahui itu, petugas dan warga menuju lokasi tersebut. Sapi pun berhasil ditemukan dan diserahkan ke pemiliknya.

Sekda menambahkan, penggunaan drone tersebut sebelumnya memang diusulkan dalam pembahasan stabilitas keamanan dan ketertiban di Lumajang. Karena dianggap salah satu cara, yang cukup canggih untuk mencari jejak pencurian melalui udara.

“Hanya saja, alat itu bisa digunakan saat siang hari,” katanya. (*/fit)