Banyak Ruas Jalan Nasional di Lumajang Berlubang

Lumajang, Motim - Banyak ruas jalan nasional yang kondisinya sudah rusak di Lumajang. Banyak jalan yang sudah berlubang. Seperti di Jl. Gatot Subroto dan Jl. Soekarno-Hatta. Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan penanganan darurat, agar tidak membahayakan pengendara.
Jalan berlubang yang diberi tanda
Jalan berlubang yang diberi tanda
Seperti diketahui, perbaikan jalan nasional memang bukan wewenang Pemerintah Kabupaten Lumajang. Namun soal keselamatan dan keamanan pengendara yang melintas tetap menjadi tanggungjawab Pemkab dalam hal ini Dishub (Dishub).

Dishub sudah beberapa kali melakukan penanganan darurat di sejumlah ruas jalan nasional. Diantaranya menggunakan batu bata dan dilapisi dengan semen. “Jadi ini penanganan sementara,” ungkap Kepala Dishub Lumajang, Sugeng Priyono pada Memo Timur, Rabu (30/1).

Seperti yang terakhir dilakukan oleh pihaknya. Penanganan sementara dilakukan di Jl. Soekarno-Hatta. Tepatnya di ruas jalan yang masuk Desa Selokbesuki. Banyak jalan berlubang di sana. Bahkan ada yang cukup besar dan dalam.

Sebelumnya oleh warga, lubang tersebut diberi batang pisang. Sebagai pengingat bagi pengendara yang melintas, agar berhati-hati. “Sempat oleh warga dipasangi bambu dan pohon pisang di atas lubang itu,” ujarnya.

Ia menambahkan kondisi ini juga sudah dikoordinasikan dengan dinas terkait, agar nantinya disampaikan ke pusat. Agar perbikan segera dilakukan. “Dalam hal ini adalah Dinas Pekerjaan Umum, nanti biar disampaikan ke pusat,” pungas Sugeng. (fit)