Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang akan terus mendorong peningkatan daya saing hasil pertanian. Karena Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyoroti hasil pertanian masih belum dikelola dengan maksimal.

Panen raya di Lumajang
Panen raya di Lumajang
Ia mencontohkan komoditi beras di Kabupaten Lumajang yang tercatat surplus, namun belum bisa menjamin kesejahteraan masyarakat terutama petani. “Kita hanya bangga dengan angka surplus tadi, bangga Kabupaten beras surplus sekian ton, tapi kalau ditanya petaninya apa hasilnya, tidak ada, justru kalau panen harganya murah,” ungkapnya.

Dengan berbagai permasalahan tersebut, Pemkab berusaha mencari formula yang tepat agar produk-produk pertanian di Kabupaten Lumajang dapat ditingkatkan nilai jualnya. Salah satunya dengan menggandeng toko modern yang ada.

“Kedepan saya berkeputusan untuk semua minimarket yang ada di Lumajang ini harus jual produk-produk begitu ada produk Lumajang, harus kulakan kepada masyarakat Lumajang, kepada petani yang ada di Lumajang,” ujarnya.

Bupati juga mengajak petani agar tidak langsung menjual produk pertanian meraka. Menurut Cak Thoriq, apabila produk–produk pertanian di Kabupaten Lumajang diolah dengan maksimal, dapat meningkatkan nilai jual. Dan berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Lumajang.

“Ini yang harus diolah, dilakukan konsolidasi hasil pertanian, mempertemukan antara pembeli dengan para pelaku pertanian masyarakat, kalau ini bisa dipertemukan harganya bisa lebih baik lagi, bisa berdaya saing lagi, masyarakat bisa lebih makmur,” pungkasnya. (*/fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: