Bulan Depan, Angkot Pelajar Gratis Kembali Diberlakukan

Lumajang, Motim - Program angkutan kota (angkot) pelajar gratis belum kembali berjalan di 2019. Tak sedikit masyarakat yang bertanya-tanya apakah program tersebut ada di tahun ini. Namun Dinas Perhubungan (Dishub) Lumajang sudah menegaskan, jika program itu tetap ada. Rencananya bulan depan sudah bisa diberlakukan lagi.
Kepala Dishub Lumajang, Sugeng Priyono
Kepala Dishub Lumajang, Sugeng Priyono
“Tahun 2019 program itu tetap ada. Sudah dipersiapkan. Masih proses,” kata Kepala Dishub, Sugeng Priyono pada wartawan, Selasa (15/1).

Pihak perwakilan sekolah di kawasan kota sudah diundang oleh Dishub beberapa waktu lalu. Mereka diminta untuk melakukan verifikasi jumlah siswa-siswinya yang akan ikut dalam program tersebut.

Verifikasi itu perlu dilakukan, karena Dishub ingin program ini bisa tepat sasaran. Jadi yang mendapatkan program angkot gratis, adalah pelajar yang benar-benar membutuhkan sarana transportasi untuk berangkat dan pulang sekolah.

Sugeng menegaskan, dari evaluasi pada pelaksanaan program itu di 2018, ada sejumlah kekurangan. “Ada laporan, jika ada pelajar yang menjual karcis atau kupon gratis itu pada sopir. Rata-rata adalah pelajar yang mau lulus. Kan mereka ada sisa kupon itu,” katanya.

Kupon itu dijual pada sopir dengan harga dibawah harga klaim di Dishub. Satu lembar kupon itu sendiri bisa diklaim oleh sopir ke Dishub dengan uang Rp 3.500. “Itu salah satu yang jadi bahan evaluasi kami di 2018,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada 2019 ini ada 500 pelajar yang bisa tercakup untuk ikut program angkot gratis. “Pada Februari ini kita akan distribusikan kupon itu ke sekolah-sekolah sesuai dengan yang dibutuhkan,” pungkasnya. (fit)