Capai Rp 800 Juta, Sumbangan Dana Kampanye Gerindra Terbesar

Lumajang, Motim - Pada awal 2019, semua Partai Politik (Parpol) di Lumajang harus melaporkan penerimaan sumbangan dana kampanye Pemilu 2019 tingkat kabupaten. Laporan itu diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang, terakhir pada 2 Januari.
Dana kampanye yang dilaporkan pada KPU
Dana kampanye yang dilaporkan pada KPU
Laporan yang telah dirilis oleh KPU, dari 16 parpol peserta Pemilu di Lumajang, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menjadi partai dengan dengan dana sumbangan kampanye terbesar. Jumlahnya mencapai Rp 852.338.000.

“Sumbangan yang dilaporkan ini, merupakan dana kampanye untuk periode 23 September 2018 hingga 1 Januari 2019,” kata Rudi Hartono, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Lumajang pada Memo Timur, Selasa (8/1).

Dari detail laporan dana kampanye Gerindra itu, dari 94 calon legislatif (caleg) yang ada tidak semuanya memberikan sumbangan. Ada beberapa caleg yang tak mengeluarkan dana sepeserpun.

Jumlah sumbangan dana kampanye yang diberikan oleh masing-masing caleg juga bervariasi. Ada yang hanya menyumbang Rp 1 juta. Hingga yang terbesar, salahsatu caleh menyumbang hingga Rp 68 juta.

Sedangkan partai lainnya, dana kampanye jauh dibawah dari milik Gerindra. Namun ada sejumlah partai dengan dana kampanye mencapai ratusan juta. Diantaranya PDI Perjuangan terkumpul Rp 237 juta, PKS Rp 202 juta, Perindo Rp 164 juta, Demokrat RP 216 juta.

“Semua itu sumbangan dari perseorangan,” kata Rudi. Selain itu, ada juga partai yang tidak memilki dana kampanye sama sekali. Diantaranya Partai Garuda, Hanura, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

“Sumbangan itu diantaranya untuk banner, baliho, stiker,” jelasnya. Selanjutnya partai harus melaporkan kembali dana sumbangan kampanye yang diterima pada April mendatang. (fit)