Dilantik jadi Pj Sekda, Agus Triyono Gantikan Gawat

Lumajang, Motim - Untuk mengisi kekosongan kursi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), Agus Triyono ditunjuk sementara untuk menggantikan Gawat Sudarmanto. Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan itu dilantik oleh Bupati Thoriqul Haq sebagai Penjabat (Pj) Sekda di Gedung Panti PKK, Senin (7/1).
Pelantikan Pj Sekda di Panti PKK
Pelantikan Pj Sekda di Panti PKK
Seperti diketaihui Gawat mundur dari jabatan Sekda secara resmi per 10 Desember 2018 lalu. Sampai saat ini, belum ada alasan resmi yang terlontar dari Pemkab Lumajang terkait mundurnya Gawat.

“Setelah sekian waktu kosong, setelah Pak Gawat mengundurkan diri, jadi kita menindaklanjuti konsultasi dengan Pemprov, dengan Kemendagri rentan waktu 2-3 minggu, sekarang pelantikan,” kata bupati pada wartawan usai pelantikan.

Setelah pelantikan ini, maksimal 3 bulan kedepan, sudah ada proses dan sudah bisa menentukan siapa Sekda yang definitif. Nantinya menjadi tugas Pj Sekda untuk menyiapkan dalam proses tersebut.

“Akan Saya rapatkan dengan Pj Sekda, untuk menentukan waktu dan tahapannya itu,” katanya.

Thoriq sendiri menargetkan, tidak sampai 3 bulan proses bisa diselesaikan. “Secepatnya, 2 atau 2 bulan lebih. Karena batas waktunya 3 bulan. Tidak panjang. Kami diberi waktu 3 bulan untuk menyelesaikan masa transisi ini,” pungkasnya.

Sementara, Agus Triyono menegaskan Ia segera melangkah dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk menyiapkan Panitia Seleksi (Pansel) Sekda. Tak hanya Sekda, kursi jabatan eselon 2 yang kosong, juga akan diisi.

“Kalau panselnya nanti dari provinsi,” ucapnya.

Ketika ditanya, apakah juga akan mendaftar sebagai Sekda definitif, Pelaksana Tugas Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) itu juga akan mengambil kesempatan tersebut. Karena itu merupakan cita-cita bagi tiap Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Saat ini Saya sudah memenuhi syarat, mungkin tinggal menambahkan syarat administrasi lainnya,” jelasnya. (fit)