Ditinggal Pemiliknya, Rumah dan Bengkel Las Hangus Terbakar

Lumajang, Motim - Kebakaran nampaknya memang sering terjadi di Lumajang. Setelah sepanjang 2018 kebakaran menjadi bencana paling dominan, di awal tahun kembali terjadi. Sebuah rumah dan bengkel las di Desa Kebonsari, Kecamatan Sumbersuko hangus terbakar, Selasa (1/1) malam.
Kebakaran rumah dan bengkel las
Kebakaran rumah dan bengkel las
Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong. Karena pemiliknya M. Agus Salim dan keluarganya sedang berada di Probolinggo. Api pertama kali diketahui sekitar pukul 20.00 WIB oleh Munif, salah satu warga setempat.

Kemudian, Ia pun melaporkan kejadian ini pada Polsek Sumbersuko yang diteruskan ke Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang. Petugas pun secara cepat datang ke lokasi kejadian.

“Sambil menunggu mobil damkar tiba, warga secara gotong royong melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya. Agar api tidak cepat membesar. Warga juga sempat mengeluarkan peralatan yang ada di dalam bengkel las,” kata Plt Sekretaris BPBD, Wawan Hadi Siswoyo pada Memo Timur, Rabu (2/1).

Sekitar 20 menit kemudian, mobil damkar tiba dan petugas langsung melakukan upaya pemadaman awal. Ada 3 unit mobil damkar yang dikerahkan. Dari Mustikatama dan Pemkab Lumajang.

Membutuhkan waktu sekitar 2 jam, petugas damkar yang dibantu anggota Polsek, Koramil, BPBD, dan warga setempat, akhirnya bisa memadamkan api secara total. Tepatnya pukul 22.20 WIB.

Dari laporan BPBD Lumajang, dari peristiwa ini, total kerugian ditaksir mencapai Rp 200 juta. Penyebab kebakaran diduga karena adanya konsleting listrik. “Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” pungkasnya. (fit)