Indeks Pendidikan di Lumajang Terus Digenjot

Lumajang, Motim - Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyampaikan, jika kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Lumajang saat ini masih belum baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator. Salah satunya adalah di sektor pendidikan yang masih belum bagus.
Rapat Koordinasi Penilik PAUD dan Pengawas Sekolah
Rapat Koordinasi Penilik PAUD dan Pengawas Sekolah
Indah menjelaskan, kondisi SDM di Lumajang saat ini dapat dilihat dari indeks pendidikan, kesehatan, dan daya beli. Untuk menggenjot indeks pendidikan, dapat dilakukan melalui beberapa program di bawah naungan Dinas Pendidikan.

"Saya harap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan indeks pendidikan di Kabupaten Lumajang," harapnya saat membuka Rapat Koordinasi Penilik PAUD dan Pengawas Sekolah se-Kabupaten Lumajang, di Aula Dinas Pendidikan Lumajang, Selasa (22/1).

Ia juga ingin, Pemkab Lumajang bisa bersaing dengan daerah lainnya. Penyelenggaran pemerintahan daerah harus lebih bagus. Tidak boleh kalah dengan kabupaten yang lebih kecil dari Lumajang.

Untuk memperbaiki dari indeks pendidikan, kesehatan, maupun daya beli, Indah menegaskan Pemkab Lumajang sudah melakukan perbaikan-perbaikan. Baik dari pelayanan masyarakat maupun infrastruktur jalan di desa-desa.

"Saya ingin program-program pemerintah saat ini dapat menyentuh secara langsung kepada masyarakat. Seorang pemimpin tidak boleh berjarak sama rakyat, rakyat tidak boleh takut pada pemimpin," tuturnya.

Sementara kepada para penilik dan pengawas, Indah menegaskan, jika mereka memiliki tanggung jawab dan wewenang besar. Diantaranya untuk mengendalikan mutu maupun evaluasi terhadap program pendidikan.

“Untuk itu, rakor dan pembinaan ini sangat bermanfaat bagi para penilik dan pengawas untuk memperkuat pengetahuan dan memperluas wawasan, sehingga dapat meningkatkan kinerja,” pungkasnya. (fit)