Kasus Pencurian Sapi Warnai Awal Tahun 2019

Lumajang, Motim - Diduga kurang seriusnya aparat kepolisian dalam penanganan kasus pencurian sapi yang belakangan ini marak terjadi di wilayah Lumajang utara, membuat komplotan maling sapi semakin berani dalam beraksi.
Seekor sapi ditemukan warga dan anggota koramil
Seekor sapi ditemukan warga dan anggota koramil
Selasa (1/1), aksi pencurian sapi menimpa Syaifudin (42), warga Desa Alun-Alun, Kecamatan Ranuyoso. Seekor sapi betina warna hitam yang diketahui sedang hamil milik korban ditemukan hilang dari dalam kandangnya sekira pukul 04.30 WIB, saat hendak memberikan makan.

“Melihat dinding kandang ditemukan rusak. Korban yakin sapinya telah dicuri maling lalu menghubungi kerabatnya dan warga terus mencarinya,” kata Rohmad.

Upaya pencarian yang dibantu oleh petugas koramil dengan mengikuti jejak sapi membuahkan hasil. Sekitar pukul 09.00 WIB, sapi milik Syaifudin ditemukan di tengah lahan tebu milik warga di blok Bulutangkor, Desa/Kecamatan Ranuyoso.

Karena sapi yang ditemukan itu ciri-cirinya mirip milik korban, oleh warga sapi itu langsung dibawa pulang untuk diserahkan kepada korban.

“Pencarian sapi diikuti sekitar 100 orang lebih. Meski sudah ditemukan, namun warga tetap marah dan menilai polisi tidak serius menangani soal maling sapi,” ujarnya.

Secara terpisah, Wahid menuturkan, malam itu juga aksi pencurian sapi juga menimpa Amsori (50), warga Dusun Masjid, Desa Wates Wetan, Kecamatan Ranuyoso.

2 ekor sapi milik korban ditemukan raib dari kandangnya sekitar pukul 04.30 WIB, saat hendak memberikan pakan. “Korban dibantu warga masih melakukan pencarian,” tutur Wahid.

Kapolsek Ranuyoso, AKP Ahmad Sutiyo, SH belum berhasil dikonfirmasi terkait aksi pencurian sapi milik warga Desa Alun-Alun dan milik warga Desa Wates Wetan tersebut.

Namun melalui Kanit Reskrim, Ipda Ari mengatakan, dirinya bersama anggota yang lain melakukan patroli hingga pukul 02.00 WIB tidak ada apa-apa. “Geser ke desa lain dapat kabar terjadi aksi pencurian sapi itu. Alhamdulillah 1 ekor sudah ketemu,” tegasnya.(cho)