KH. Achmad Hanif Terpilih jadi Ketua MUI Lumajang

Lumajang, Motim - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lumajang menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di Pendopo Arya Wiraraja, Rabu (16/1). Musda ke-9 itu untuk menentukan Ketua Umum MUI di periode berikutnya, 2019-2024.
Wakil dan Ketua MUI yang baru
Wakil dan Ketua MUI yang baru
Setelah melalui proses yang cukup panjang dari pagi hari, dari Musda tersebut akhirnya KH. Achmad Hanif, SQ terpilih menjadi Ketua Umum MUI yang baru. Sementara Sarwadi, SH dipilih sebagai Sekretaris Umum.

Wakil Ketua Panitia Musda ke-9, H. Atok Hasan Sanuni menyampaikan, KH. Achmad Hanif adalah orang yang sudah lama aktif di MUI Lumajang. Karena di periode sebelumnya Ia menjabat sebagai Sekretaris Umum.

Selain aktif di MUI, KH. Achmad Hanif juga aktif di Nahdlatul Ulama (NU) Lumajang. Di sana Ia mendapat amanah sebagai Wakil Rois Syuriah. Tak hanya itu Ia juga dipercaya menjadi pengurus takmir di sejumlah masjid.

“Jadi banyak jabatan keagamaan yang beliau pegang,” ujar H. Atok.

Di periode sebelumnya, 2013-2018 Drs. KH. Muflih Farid dipercaya sebagai Ketua MUI Lumajang. Namun tidak sampai genap 5 tahun, yang bersangkutan tutup usia pada November 2018. Kemudian KH. M. Khoiri dipercaya menggantikannya hingga akhir periode.

Setelah ketua dan sekretaris dipilih, agenda berikutnya, MUI akan melakukan pembentukan struktur kepengurusan secara keseluruhan. Dalam Musda ini, juga dihadiri Ketua MUI Jawa Timur, KH Abdusshomad Buchori. (fit)