Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang terus melakukan upaya untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih. Salah satunya melalui sosialisasi yang sudah sering digelar. Namun tidak cukup hanya itu. Mereka juga membutuhkan tenaga relawan untuk membantu. Demi menekan angka golongan putih (golput).

Pengumuman lowongan jadi relawan Pemilu 2019
Pengumuman lowongan jadi relawan Pemilu 2019
Kebutuhan Relawan Demokrasi Pemilu 2019 ini juga sesuai dengan instruksi dari KPU Pusat. Di Lumajang, relawan yang dibutuhkan mencapai 55 orang. Sejak Kamis (10/1) lalu, pendaftaran sudah dibuka oleh KPU, dan berakhir pada Senin (14/1).

Dari pantauan Memo Timur di hari terakhir pendaftaran, sudah banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang untuk mendaftar. Mereka menenteng berkas persyaratan dan menyerahkannya pada petugas di sana.

Nanti mereka akan membantu KPU dalam sosialisasi dan memberikan pendidikan politik pada masyarakat,” kata Rudhol Mujib, salah satu komisioner KPU pada wartawan.

Dari 55 relawan yang dibutuhkan ini, mereka nantinya akan disebar di 11 basis pemilih. Diantaranya basis pemilih keluarga, pemula, muda, perempuan, disabilitas, berkebutuhan khusus, marjinal, komunitas, keagamaan, warganet, dan relawan demokrasi itu sendiri.

“Jadi masing-masing basis pemilih, minimal ada 4 relawan yang akan terjun di sana,” ujar Edo, panggilan akrabnya.

Para relawan juga diminta melakukan sosialisasi secara detail kepada pemilik suara. Diantaranya mengenai kapan waktu pencoblosan dan cara mencoblos yang benar. “Jadi tanggal, hari, dan jam mencoblos harus disampaikan,” ucapnya.

Edo menambahkan, sudah banyak warga yang berminat untuk menjadi relawan. Jumlahnya melebihi kebutuhan. Nantinya ada seleksi lanjutan untuk menetapkan 55 orang relawan yang dinilai terbaik untuk membantu KPU.

Para relawan yang terpilih nanti, akan bekeja selama 3 bulan. Tiap bulan mereka berhak mendapatkan honor sebesar Rp 750 ribu. Tidak ada syarat yang berat dalam pendaftaran relawan tersebut.

“Minimal usia 17 tahun, warga Lumajang dan sudah terdaftar di TPS. Bukan anggota parpol ataupun tim sukses. Minimal lulusan SMA,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: