Lumajang akan Bangun Wisata Edukasi Pramuka

Lumajang, Motim - Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang sedang mencari sebuah lokasi untuk wisata edukasi Pramuka, yang nantinya akan dikelolah oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Lumajang. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat acara pelantikan pengurus Pramuka, di Pendopo Arya Wiraraja.
Pelantikan Pengurus Pramuka
Pelantikan Pengurus Pramuka
“Di Lumajang ini ada beberapa tempat yang bisa kita kerjasamakan dengan pihak Perhutani, tinggal lokasinya yang kita tentukan. Dan, lokasi itu nanti akan digunakan sebagai lokasi wisata pramuka. Jadi, masyarakat yang ingin berkemah dengan keluarganya akan kami fasilitasi dan akan dikelolah oleh kakak-kakak pramuka,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Lumajang mengaku bangga atas segala prestasi yang berhasil diukir oleh gerakan pramuka Lumajang. Ia berharap agar kepengurusan Kwarcab yang baru dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut.

Sementara itu, Gus Ipul menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dengan upaya dari Pemerintah Daerah untuk membangun sebuah wisata edukasi bagi generasi muda. Dan, pengelolaannya akan dilakukan oleh Pramuka Kwartir Cabang Lumajang.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan, Pramuka ini adalah organisasi pendidik. Untuk itu, pramuka harus terlibat aktif dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya antara rumah dan sekolah.

“Kedepan, Saya mengajak pengurus Pramuka untuk menempa diri agar lebih siap terhadap tantangan kedepan karena bukan hal yang ringan. Dan, Pramuka juga ditugaskan untuk ikut terlibat dalam memperkuat karakter adik-adiknya,” katanya. (fit)