Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Kabar gembira kembali muncul di awal tahun 2019. Lumajang berhasil menyabet penghargaan di tingkat nasional. Tidak tanggung-tanggung, dua penghargaan langsung diborong di bidang lingkungan hidup. Yakni penghargaan Adipura dan Nirwasita Tantra.

Bupati memegang dua piala penghargaan yang berhasil diraih Lumajang
Bupati memegang dua piala penghargaan yang berhasil diraih Lumajang
Dua piala penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla kepada Bupati, Thoriqul Haq di Jakarta, Senin (14/1). Tepatnya di Gedung Manggala Wanabhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Julukan Lumajang Kota Adipura pun tetap terjaga dengan raihan Adipura ke-11 ini. Setelah edisi sebelumnya, Lumajang juga menerima penghargaan di bawa kepemimpinan bupati sebelumnya, As’at Malik. Sedangkan Nirwasita Tantra, ini adalah raihan untuk kali ke-3.

Bupati Thoriqul Haq mengatakan, dua prestasi di awal tahun ini sepenuhnya Ia persembahkan untuk masyarakat Lumajang. Karena masyarakat sudah secara sadar dan mau bekerjasama untuk mengelolah lingkungan hidup.

“Sehingga lingkungan menjadi bersih, sehat, hijau dan asri. Kita semua bersyukur atas diraihnya penghargaan ini. Semoga kedepan pemerintah bersama masyarakat, makin sadar dan makin giat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, rapi dan indah,” kata bupati dalam pernyataan tertulisnya.

Lumajang memang layak meraih dua penghargaan ini. Karena sesuai Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) terus mengalami peningkatan. Pada 2014. IKLH Lumajang di angka 74,64. Kemudian meningkat menjadi 76,66 di 2018.

“Peningkatan ini disumbang oleh kualitas udara dan tutupan lahan yang sangat baik,” katanya.

Meski sudah ada penghargaan, namun masih ada kekurangan dalam pengelolaan lingkungam hidup. Seperti pelayanan kebersihan lingkungan oleh pemerintah belum bisa menjangkau seluruh wilayah. Karena ada keterbatasan sarana prasarana, biaya dan tenaga.

Namun kedepan Pemkab Lumajang akan terus berupaya untuk menyelesaikan hal itu. Karena pemerintah bertanggungjawab atas kebersihan fasilitas umum, tempat pembuangan sampah, hingga ke tempat pembuangan akhir.

Sementara Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol, Aziz Fahrurrozi menambahkan, sejauh ini belum ada rencana untuk kirab piala adipura seperti yang telah diraih sebelumnya. “Itu masih akan kita bicarakan nantinya,” ucapnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: