Melanggar! Ratusan APK Pemilu Diberedel

Lumajang, Motim - Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang melanggar akhirnya ditertibkan. Ada ratusan APK yang diberedel, Kamis (31/1) pagi. Penertiban oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lumajang.
APK yang melanggara diberedel oleh Satpol PP bersama Bawaslu
APK yang melanggara diberedel oleh Satpol PP bersama Bawaslu
Penertiban kali ini difokuskan di wilayah Kecamatan Sukodono. Diantaranya di sepanjang Jalur Lingkar Timur (JLT) dan Jl. Soekarno-Hatta. Di sana banyak ditemukan APK milik calon legislatif (caleg) yang terpaksa dicopot oleh petugas.

Diantaranya APK milik Calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang, Provinsi, dan Pusat Termasuk ada juga APK milik calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Namun tidak ditemukan APK milik calon presiden dan wakil presiden yang melanggar.

Pelanggaran yang ada itu diantaranya, karena APK yang terpaku di pohon. Kemudian dipasang di tiang listrik dan tiang telepon. Karena sesuai aturan, tidak boleh APK dipasang di fasilitas milik pemerintah.

Ketua Panwascam Sukodono, Suprapti mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah menyampaikan pelanggaran itu pada caleg maupun parpol yang bersangkutan. Namun tidak ada tanggapan, sehingga harus dilakukan penertiban bersama dengan Satpol PP.

“Karena melanggar Perbup nomor 54 tahun 2016 dan tidak diturunkan sendiri oleh caleg atau partai,” katanya pada wartawan di sela-sela penertiban APK.

Dari kegiatan yang dilakukan, kemudian APK itu akan dibawa ke Kantor Bawaslu. Kegiatan serupa juga akan terus dilakukan oleh pihak Bawaslu. Ditambah laporan pelanggaran dari masing-masing Panwascam dikirim ke Bawaslu tiap Minggu.

“Berkelanjutan sampai nanti hari tenang,” ungkap dia.

Sebelumnya Divisi Hukum Bawaslu Lumajang, Amin Sobari mengtakan jika total ada ribuan APK yang melanggar. Kebanyakan karena melanggar Perbup. Untuk yang melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) sedikit. Dan dilakukan penertiban sendiri oleh Bawaslu. (fit)