Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) di Lumajang nampaknya mulai tertib dalam urusan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Karena dalam seminggu terakhir, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tak lagi mengamankan APK yang melanggar aturan.

Penertiban banner dan sejenisnya oleh Satpol PP
Penertiban banner dan sejenisnya oleh Satpol PP
Kepala Satpol PP Lumajang, Basuni menegaskan, pihaknya akhir-akhir ini kembali intensif melakukan penertiban banner dan sejenisnya. Ketika ada banner yang melanggar aturan, petugas pun tak segan-segan langsung menyopotnya. Untuk diamankan ke Kantor Satpol PP.

“Teman-teman (petugas) melepasi banner yang dipaku di pohon dan tak berizin. Kalau banner caleg-caleg tidak ada,” katanya pada Memo Timur, Kamis (10/1).

Menurutnya sudah sejak seminggu terakhir ini, tidak ada lagi APK yang diamankan Satpol PP. Tidak ditemukan banner milik peserta Pemilu yang melanggar aturan. “Iya sudah tertib. Sudah dipasang sesuai aturan yang ada,” ujarnya.

Dalam urusan penertiban APK, Satpol PP juga bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Karena urusan penertiban APK sebenarnya menjadi tanggungjawab Bawaslu. Satpol PP hanya membantu. “Jadi kita beroperasi bersama-sama,” tegasnya.

Lanjutnya, dalam penertiban yang dilakukan Satpol PP seminggu terakhir, banyak banner iklan perumahan dan pinjaman uang. Jumlahnya mencapai 200 buah. “Kadang dalam sehari ada 40 banner, bahkan sampai 78 banner,” jelasnya.

Lokasi yang menjadi fokus Satpol PP adalah di sepanjang jalan protokol di Kecamatan Jatiroto, Senduro, dan Pasirian. “Paling banyak itu di Senduro dan Jatiroto. Banyak yang dipaku di pohon,” kata Basuni.

Namun banner yang diamankan di Kantor Satpol PP ini, jarang diambil oleh pemiliknya. Basuni juga kerap menghubungi pihak pemilik banner itu namun tidak begitu direspon. “Biasanya gak pernah diambil. Sering kita hubungi, tidak menghiraukan, karena mereka mengaku salah,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: