Musik Danglung akan Ditampilkan di Festival Internasional

Lumajang, Motim - Salah satu kesenian musik dari Lumajang, Danglung akan ditampilkan di sebuah festival berskala internasional. Sanggar CIO Indonesian Arts Culture yang akan membawakannya dalam Internasional Rain Festival di Mugidance Arts Centre Sukoharjo, Jawa Tengah.
Kesenian musik dari Lumajang Danglung
Kesenian musik dari Lumajang Danglung
Festival itu akan digelar pada 12-13 Januari 2019 nanti. Zainul Arifin, Pimpinan CIO Indonesian Arts Culture menyampaikan, pihaknya berpartisipasi dalam kesempatan ini untuk mengenalkan potensi seni budaya yang ada di Lumajang.

Ia juga ingin menunjukkan jika pemuda dan pemudi asal Lumajang juga mampu berkarya di level internasional. “Internasional Rain Festival, adalah sebuah pertunjukan yang berlatar belakang alam dengan tetap mempertahankan kearifan lokal,” katanya, Selasa (8/1).

Zainul bersama dengan sanggarnya sudah sering tampil di luar kota maupun festival berskala internasional. “Sanggar CIO ini memang konsisten dalam pengembangan kesenian musik Danglung Lumajang ini,” ucapnya pada Memo Timur.

Semua karya-karya yang dihasilkan dari sanggarnya memang tidak pernah lepas dari nilai-nilai kearifan lokal di Lumajang. Apalagi pada International Rain Festival V 2019 nanti, Ia ingin memberika pertujukkan yang lebih istimewa.

“Kita akan membawakan judul Karya Triloka yang berarti tiga perjalanan budaya yang ada di Lumajang yakni, Jawa, Madura dan Bali dengan mengangkat nilai-nilai pluralisme sehingga mampu berdampingan dan mengakar pada nilai kemanusiaan,” jelasnya. (fit)