Pemkab Berharap Tol Probolinggo-Lumajang Dikerjakan di 2020

Lumajang, Motim - Rapat koordinasi rencana pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Lumajang dilaksanakan di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Rabu (23/1). Berbagai pihak terkait hadir dalam kesempatan ini. Pemkab Lumajang sendiri berharap jalan tol tersebut bisa mulai dikerjakan tahun depan.
Rapat koordinasi rencana pembangunan tol
Rapat koordinasi rencana pembangunan tol
“Kami berharap di APBN 2020, Kementerian PU dan PR sudah menganggarkan itu,” kata Penjabat Sekretaris Daerah, Agus Triyono pada Memo Timur.

Dalam kesempatan itu hadir dari Bakorwil V Jember selaku fasilitator. Kemudian dari Pemkab Probolinggo, instansi terkait Pemprov Jatim, serta jajaran vertikal di Lumajang. Pada pertemuan tersebut, khusus dibahas mengenai kesiapan Probolinggo dan Lumajang dalam merealisasikan program pembangunan jalan tol.

“Kesiapan dari daerah ini, baik Lumajang dan Probolinggo sebagai bahan usulan kepada Kementerian PU dan PR,” katanya.

Dari pihak Pemkab Lumajang, juga berharap pembangunan tol nantinya dari Leces Probolinggo dan pintu keluarnya di Lumajang dekat kawasan kota. Dalam pembangunan ini, tentunya harus ada pembebasan lahan.

“Terkait dengan lahan, kita nunggu dari Kementerian PU dan PR, masih menunggu jalurnya seperti apa. Itu yang nanti kita tindaklanjuti. Akan dilakukan studi kira-kira lewat mana,” jelas Agus Triyono.

Ia menyebut, memang Lumajang sangat membutuhkan keberadaan jalan tol ini. Mengingat lalu lintas di jalur Lumajang-Probolinggo saat ini begitu padat. Bahkan di momen-momen tertentu bisa terjadi macet. Sehingga berdampak pada lamanya jam perjalanan.

“Tol ini merupakan kebutuhan masyarakat Lumajang dan Probolinggo,” pungkasnya. (fit)