Penanganan Abrasi Pantai TPI Harus Secara Permanen

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang Thoriqul Haq telah melakukan peninjaun langsung ke Pantai TPI Tempursari beberapa waktu lalu. Seperti diketahui, kondosi pantai tersebut semakin rusak parah akibat abrasi. Ia menegaskan, butuh penanganan secara permanen untuk mengatasinya.
Bupati saat meninjau lokasi abrasi
Bupati saat meninjau lokasi abrasi
Kerena sejauh ini, penanganan yang dilakukan hanya bersifat sementara. Diantaranya dilakukan dengan pemasangan jumbo bag sebagai penahan. “Ini merupakan penanganan secara kebencanaan oleh BPBD Lumajang,” kata bupati.

Namun untuk penanganan secara permanen memang bukan menjadi kewenangan Pemkab Lumajang. Untuk itu bupati akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak porvinsi maupun pusat.

“Kalau penanganan jangka pendek kita sudah, untuk menormalisasi keadaan,” terangnya.

Tidak hanya itu, juga sudah dilakukan penyudetan dengan mengabil pasir disana yang menghalangi air menuju ke laut. “Sehingga air tidak berbelok-belok lagi agar tidak menambah abrasi lagi,” pungkasnya.

Abrasi di Pantai TPI sudah terjadi pada 2017 lalu. Namun saat itu hanya sedikit saja, bagian pantai yang rusak. Saat ini abrasinya semakin parah. Bahkan, jarak bibir pantai dengan lokasi para pedagang ikan bakar tersisa beberapa meter saja. (fit)