Pengesetan Sampul Pemilu Mulai Dilakukan

Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang sudah mulai melakukan pengesetan pada sampul untuk Pemilu 2019 mendatang. Karena ada berbagai jenis sampul, maka jauh-jauh hari sudah harus dilakukan pengesetan untuk memilahnya sesuai jenis.
Pengesatan sampul pemilu di gudang logistik
Pengesatan sampul pemilu di gudang logistik
Pengesetan kali ini meliputi jenis sampul untuk surat suara dan formulir C hasil penghitungan suara. Sejumlah staff dan pegawai KPU Lumajang dikerahkan untuk melakukan pengesetan. Rencanannya pengesetan dilaksanakan seminggu kedepan di gudang Amanda yang disewa KPU.

Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah mengatakan pengesetan awal ini perlu dilaksanakan segera mengingat kebutuhan untuk sampul ini cukup banyak. Tinggal menyesuaikan dengan kegunaannya yang sudah tertera di bagian depan sampul.

“Pengesetan ini hanya untuk memudahkan nanti jika mau memasukkan macam-macam formulir dan 5 jenis surat suara Pemilu,” katanya.

Mudawiyah ingin memastikan kebutuhan sampul ini harus lengkap dan sesuai kebutuhan. Makanya dirinya ingin dilakukan pengesetan lebih awal biar nanti jika ada kekurangan bisa segera antisipasi.

“Semua harus terpenuhi kelengkapan logistiknya, makanya perlu diketahui lebih sebagai antisipasi KPU jika kurang,” tuturnya.

Dia berharap setelah surat suara diterima tinggal melakukan proses pelipatan dan setting packing. Sebab proses setting packing ini dilakukan bersamaan dengan kelengkapan TPS yang lain.

Langkah terakhir pengesetan semua kelengkapan TPS, mulai surat suara, formulir, alat coblos, bantalan, tinta, ATK, dan tanda pengenal. “Semua kita masukkan ke dalam kotak suara sesuai dapil di Lumajang sebelum nanti didistribusikan ke TPS melalui PPK dan PPS,” pungkasnya.

Sementara, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Lumajang, Yusuf Adi Pamungkas, menambahkan jika perlu kecermatan dan ketelitian dalam memilah sampul yang terdiri dari 17 macam sampul.

Dirinya ingin memastikan bahwa sampul yang sudah diterima KPU Lumajang jumlahnya sesuai kebutuhan. Ia meminta kepada seluruh staf dan karyawan yang terlibat agar berhati-hati dalam memilah sampul-sampul tersebut.

“Pastikan semua jenis sampul yang dibutuhkan terpenuhi, cermati dan terliti dengan baik,” ujarnya.

Pemilahan sampul ini penting dilakukan kata Yusuf, sebab semua jenis sampul ada peruntukannya. Misalnya sampul surat suara, sampul untuk formulir, sampul surat suara tidak sah, sampul surat suara tidak terpakai dan sampul salinan formulir.

“Kami tidak ingin satupun jenis sampul ada yang kurang. Bahkan jika ada yang rusak kami inventarisir dan segera dilaporkan ke KPU untuk segera diganti,” katanya. (*/fit)