Peserta Candil Tembus 5 Ribu Orang, Terbanyak Sepanjang Sejarah

Lumajang, Motim - Perhelatan Gerak Jalan Tradisional Candipuro-Lumajang, Sabtu (29/12) lalu memiliki catatan tersendiri. Karena jumlah peserta Candil ke-8 ini menjadi yang paling banyak sepanjang sejarah penyelenggaraan Candil. Jumlahnya mencapai 5 ribu orang.
Peserta Gerak Jalan Candil 2018
Peserta Gerak Jalan Candil 2018
Antusias masyarakat pada Candil dalam rangka Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-763 ini memang sangat besar. Dari catatan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lumajang, jumlahnya mencapai 5.800 peserta. Jauh di atas jumlah peserta dari tahun-tahun sebelumnya.

“Dari mulai Candil Pertama sampai sekarang, ke-8 tahun ini yang paling banyak pesertanya. Memecahkan rekor,” kata Pelaksana Teknis Dispora, Agus Budianto, pada Memo Timur.

Jumlah di atas terbagi atas peserta perorangan, regu umum, dan juga regu putra. Untuk umum putra/putri ada140 regu. Untuk pelajar putra/putri ada 35 regu. “Tahun-tahun kemarin sekitar tiga ribuan peserta,” jelasnya.

Untuk hadiah, panitia juga menyediakan hadiah yang begitu besar. Demi menarik minat peserta. Hadiah uang tunai bagi peserta, total mencapai Rp 51 juta. Selain itu juga ada hadiah undian yang bisa didapatkan bagi yang beruntung.

“Ada sepeda, kulkas, mesin cuci, televisi, kompor gas,” kata Agus Budianto.

Peserta diberangkatkan oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Lapangan Desa/Kecamatan Candipuro. Peserta kemudian berjalan hingga garis akhir di Alun-Alun Lumajang, dengan jarak tempuh sekitar 27 kilometer.

“Saya berharap gerak jalan tradisional Candil ini menjadi destinasi pariwisata dan budaya yang ada di Lumajang,” harap bupati. (fit)