Pohon Tumbang Terus Bayangi Warga Lumajang

Lumajang, Motim - Dalam beberapa hari belakangan ini, peristiwa pohon tumbang hampir terjadi setiap hari di Lumajang. Hujan deras disertai angin kencang menjadi salah satu pemicunya. Cuaca buruk juga masih diprediksi terjadi, sehingga pohon tumbang masih terus membayangi warga.
Pohon tumbang
Pohon tumbang
Dalam sepekan terakhir, sudah ada puluhan pohon tumbang yang dilaporkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Dampaknya beragam. Ada yang sempat mengganggu lalu lintas, merusak rumah warga, bahkan melukai pengendara yang melintas.

Peristiwa terkahir, tejadi di Jl. Semeru, pohon yang cukup besar tumbang, Minggu (27/1) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Pohon asem berdiamter 50 sentimeter itu tumbang dan melintang di jalan. Arus lalu lintas Lumajang-Senduro pun macet selama hampir satu jam.

“Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Petugas tak lama datang dan segera melakukan evekuasi. Agar jalan bisa kembali lancar,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Untuk itu Wawan menghimbau kepada warga agar lebih waspada. Karena cuaca esktrim masih akan terjadi beberapa hari kedepan. Sesuai dengan ramalan dari Badan Metrologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Kami selalu melakukan himbauan dan memberikan informasi kepada masyarakat Lumajang tentang peringatan dini cuaca, kondisi gelombang di Lumajang melalui media sosial,” ungkapnya.

Masyarakat juga harus cepat memberikan informasi jika ada kejadian bencana di lingkungan masing-masing. “Masyarakat Lumajang dapat melaporkan/menyampaikan segera kepada BPBD Lumajang bila terjadi bencana,” pungkasnya. (fit)