Puluhan Gedung SD dan SMP bakal Direhab di 2019

Lumajang, Motim - Ada puluhan gedung Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Pertama Menengah (SMP) di Lumajang yang bakal direhab pada tahun ini. Hal ini berguna untuk meningkatkan kenyamanan dalam proses belajar dan mengajar berlangsung.
Gedung sekolah yang ambruk beberapa waktu lalu
Gedung sekolah yang ambruk beberapa waktu lalu
Dinas Pendidikan Lumajang merencanakan di 2019, ada 26 gedung SD yang hendak direhab. Sedangkan untuk SMP, ada 12 sekolah. Prosentase sekolah yang direhap ini disesuaikan dengan jumlah lembaga yang ada.

Kabid Sarana dan Prasarana Dindik Lumajang, Abdul Kahar mengatakan, perbaikan sekolah ini, sesuai dengan proposal yang diajukan tahun sebelumnya. Proposal rehab diajukan dari pihak sekolah terkait ke Dindik.

Kemudian Dindik melakukan evaluasi dan verifikasi, lalu tinjau lapangan untuk memastikan layak tidaknya direhab. “Kalau benar-benar layak direhap, ya direhab. Rekening masuk ke lembaga,” tukasnya.

Lanjutnya, sedangkan fasilitator tugasnya membantu lembaga sekolah dalam merencanakan, melaksanakan, dan membantu melaporkan kegiatan rehab. “Sementara monitoring dan evaluasi langsung oleh pihak Dindik sendiri,” ujarnya.

Besaran rehap antara lembaga yang satu dengan yang lain tidak sama, sesuai tingkat kerusakan dan apa yang direhap. Umumnya yang direhap itu ruang kelas, kamar mandi, perpustakaan dan lainnya.

“Volumenya lebih banyak SD ketimbang SMP. Yang kedua, kerusakan SD lebih parah. Bahkan masih ada SD Impres yang atapnya harus diganti genteng. Makanya yang direhap lebih banyak SD,” ungkapnya.(fit)