Smart City Libatkan Pihak Perbankan

Lumajang, Motim - Smart City yang sudah digagas oleh Pemkab Lumajang terus dimaksimalkan. Berbagai pihak digandeng agar program tersebut bisa sukses. Termasuk dengan melibatkan pihak perbankan yang ada di Lumajang.
Persiapan Smart City dengan perbankan
Persiapan Smart City dengan perbankan
Pemkab Lumajang sudah menindaklanjuti kerjasama dengan BNI untuk membantu jalannya Smart City. Pertemuan kedua pihak sudah dilakukan di Kantor Bupati Lumajang, Kamis (17/1) lalu.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Lumajang, Ir. Nugroho Dwi Atmoko, mengatakan, nantinya BNI akan membantu dalam mengimplementasikan e-pajak dan retribusi di Lumajang.

“Tahap awal nanti akan kita siapkan konsep MOU yang kemudian akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama terutama terkait iplementasi pajak retribusi pasar dan yang kedua tadi di Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), ini tahap yang pertama dulu, nanti dilanjutkan untuk tahap-tahap yang lain,” ujarnya.

Sementara, Perwakilan BNI Cabang Lumajang, Richard mengatakan, bahwa pihaknya sudah berkerjasama dengan berbagai daerah, hampir di seluruh Indonesia dalam pengembangan Smart City.

Ia menejelaskan, ada sejumlah solusi yang ditawarkan BNI kepada pemerintah dalam penerapan Smart City. “Diantaranya Internet Banking Corporate atau BNIDirect, SP2D Online, dan Virtual Account Debit. Kemudian e-PBB, e-PDAM, e-PAD, e-Samsat, dan e-Retribusi,” katanya.

Pihaknya juga siap mendukung pemerintah dalam melayani masyarakat. Diantaranya, terciptanya Good government dalam pengelolaan keuangan dan pelayanan Publik. “Layanan masyarakat yang terpadu dan bebas pungli, serta penerimaan pajak Retribusi Daerah menjadi cepat, serta meningkatkan penerimaan pajak dan retribusi Daerah,” terangnya. (fit)