Tingkatkan Kebersihan, Kampung Berseri di Kepuharjo Diresmikan

Lumajang, Motim - Kampung Berseri di RT 3 RW 6 Keluruhan Kepuharjo, Kecamatan Lumajang diresmikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Thoriqul Haq–Indah Amperawati, Kamis (3/2). Tujuan dibentuknya Kampung Berseri, adalah untuk meningkatkan kebersihan di kawasan yang dikenal dengan Gombleh tersebut.
Kampung Berseri di Kepuharjo
Kampung Berseri di Kepuharjo
Wakil Bupati, Indah berharap setelah diresmikannya Kampung Berseri, masyarakat dapat mempertahankan kebersihan lingkungan. “Warga tidak boleh lagi membuang sampah sembarangan, termasuk di selokan, sehingga Kampung Berseri tetap terjaga kebersihannya,” katanya.

Sementara Bupati, Thoriqul Haq mengapresiasi kinerja masyarakat dalam menjadikan wilayah Gombleh menjadi Kampung Berseri. “Kedepan pemerintah akan berusaha membantu kampung-kampung yang ingin melakukan inovasi seperti Kampung Berseri ini,” tuturnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Kepuharjo, Riki Darma Putra, mengatakan selain Kampung Berseri, dengan adanya program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dapat membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Semoga Kampung Berseri dapat dijadikan contoh kampung-kampung yang lain,” harapnya.

Ketua RW 6 Muhammad Bawono, menjelaskan, bahwa pada tahun 2014 Kelurahan Kepuharjo khususnya wilayah Gombleh mendapat julukan kota yang kumuh. Namun, pada tahun 2018 masyarakat Gombleh berkeinginan bangkit untuk merubah citra tersebut.

“Dengan membangun saluran air, pemasangan paving dan membersihkan lingkungan, sehingga terciptalah Kampung Berseri,” ucapnya. (fit)