16 Ribu Kotak Suara Selesai Dirakit

Lumajang, Motim - Proses perakitan kotak suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Lumajang telah rampung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak membutuhkan waktu lama untuk merakit kotak suara berbahan karton itu.
Kotak suara sudah dirakit
Kotak suara sudah dirakit
Dari pantaun Memo Timur, semua kotak suara itu tersusun rapi di gudang logistik KPU yang berada di Jl. Panjaitan. Semua kotak suara itu ditata sesuai dengan 5 jenis pemilihan. Yakni untuk Pemilihan Presiden, DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

Untuk di Lumajang, total kebutuhan mencapai 16.405 kotak suara. Jumlah tersebut akan didistribusikan ke 3.281 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Di dalam kotak itu, juga sudah diisi peralatan untuk pemungutan dan penghitungan suara.

Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah menyampaikan, proses perakitan kotak suara ini mulai dilakukan pada Senin (11/2). Butuh waktu seminggu untuk merakit semua kotak suara yang ada. “Seminggu sudah selesai,” katanya pada Memo Timur.

Kemudian, dalam proses perakitan ini pihaknya melibatkan 15 tenaga lepas. Sehingga proses perakitan bisa cepat diselesaikan. Dalam seminggu tersebut, 1 orang diasumsikan bisa menyelesaikan seribu sampai dengan dua ribu kotak.

“Dalam satu jam saja pekerja bisa merakit 150-an kotak sehingga dengan mengerahkan tenaga itu bisa selesai dengan cepat,” terang Siti Mudawiyah.

Sementara saat ini, surat suara sudah mulai datang di gudang yang sama. Pengiriman surat suara dilakukan secara bertahap. Saat ini surat suara yang sudah diterima KPU adalah untuk pemilihan DPR-RI daerah pilih Jember-Lumajang. (fit)