Bupati Ingin Sekolah Bentuk Jiwa Sosial pada Siswa

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq ingin sekolah bisa membentuk karakter siswa/siswinya. Sehingga selain memberikan pendidikan umum, sekolah juga harus bisa memberikan pendidikan karakter.
HUT SMPN 4 Lumajang
HUT SMPN 4 Lumajang
Saat bupati berkunjung ke SMPN 4 Lumajang, Ia mengaku bangga di sana. Karena sekolah itu adalalah salah satu sekolah yang luar biasa di Lumajang. Sekolah itu sudah memberikan pendidikan karakter pada siswanya.

Namun Ia ingin, SMPN 4 Lumajang bisa memberikan pendidikan karakter yang lebih. “Saya ingin agar anak-anak memiliki karakter sosial yang bisa dibanggakan. Jiwa sosial yang bisa dibanggakan,” ucapnya saat menghadiri HUT ke-28 SMP N 4 Lumajang, Sabtu (24/2).

Tak hanya itu, bupati juga ingin sekolah tersebut memberikan pendidikan karakter yang secara lebih khusus. Pendidikan karakter yang diberikan berbeda dengan sekolah lain. “Yang tidak dimiliki oleh SMP lain,” jelasnya.

Bupati menegaskan, ketika anak-anak sudah memiliki karakter positif, akan lebih banyak diterima oleh masyarakat luas. “Begitu jiwa sosialnya bagus, akan menambah nilai bagus. Kalau jiwa sosial itu dimiliki siswa, itu adalah calon pemimpin masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Lumajang, Isdayanti mengucapkan terimakasih kepada bupati. Karena sudah hadir pada acara HUT sekolah. Ia juga meyampaikan bahwa pihaknya mempunyai program unggulan yaitu program Tuntas Baca Alqur'an (TBQ).

Dengan program ini, diharapakan, lulusan SMP Negeri 4 Lumajang tuntas membaca Alqur'an. “Program ini sudah mendapatkan dukungan oleh wali murid beserta berbagai pihak, yang salah satu tujuannya untuk mewujudkan anak-anak yang memiliki akhlak yang mulia,” ujarnya. (fit)