Bupati: Perbup Karaoke Tak Bisa Di-PTUN-kan

Lumajang, Motim - Kekalahan Pemkab Lumajang lawan Vision Vista (V2) di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), membuat Bupati Thoriqul Haq tak tinggal diam. Selain mengajukan banding, Ia kemudian mengeluarkan aturan baru soal tempat karaoke. Aturan yang lebih ketat.
Bupati menunjukkan Perbup yang baru
Bupati menunjukkan Perbup yang baru
Aturan itu sudah Ia tuangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 14 tentang Penyelenggaraan Usaha Hiburan Karaoke. Perbup itu baru diterbitkan oleh bupati, Jumat (15/2) petang. Ia langsung memanggil awak media untuk menyampaikan hal ini.

Salahsatu poinnya, dalam Pasal 4 Huruf J diatur soal jam operasional tempat karaoke. Hari Senin sampai Jumat, boleh buka mulai pukul 15.00 WIB dan harus tutup pukul 21.00 WIB. Sedangkan pada Sabtu dan Minggu boleh buka mulai pukul 13.00 WIB dan harus tutup pukul 22.00 WIB.

Namun saat ditanya wartawan, apakah Perbup ini diterbitkan karena kekalahan dari V2 di PTUN, Ia sedikit mengelak. Menurutnya aturan ini berlaku untuk semua tempat karaoke di Lumajang. "Bukan hanya mengatur satu tempat saja, tapi semuanya," jelasnya.

Meskipun Perbup ini dinilai akan memberatkan usaha tempat karaoke, namun tak bisa diprotes. Atau digugat ke PTUN. "Karena Perbup itu mengatur hal-hal yang teknis. Tidak bisa digugat ke PTUN," tegasnya.

Thoriq menegaakan, jika ada yang melanggar, ada surat peringatan yang akan diberikan. Pemkab juga akan memberikan batas waktu untuk melakukan pembenahan. "Jika masih melanggar, akan kita beri peringatan lagi," ucapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, aturan ketat lainnya adalah, tempat karaoke tidak boleh memfasilitasi pelanggan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol. "Kita tidak mengatur penjulannya, karena itu ada aturannya sendiri. Yang kita atur tidak boleh minum minuman beralkohol di tempat karaoke," katanya.

Tempat karaoke juga dilarang menyediakan pemandu lagu. Ataupun memfasilitasi hadirnya pemandu lagu didalam ruang karaoke. Bahkan fasiltas toilet di tempat karaoke diatur oleh bupati. Toilet dilarang ada didalam ruang karaoke.

"Toilet laki-laki dan perempuan harus dipisah," tegasnya.

Soal lampu dan pintu ruang karaoke pun tak luput diatur. Lampu harus terang dan permanen. "Pintu ruang karaoke harus transparan penuh yang tembus pandang dari luar," ucapnya. (fit)