Hore! Angkutan Pelajar Gratis Berlaku Lagi

Lumajang, Motim - Program angkutan pelajar gratis kembali diberlakukan di 2019. Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati memimpin peluncuran program tersebut di halaman Stadion Semeru, Kamis (14/2) pagi. Program inipun disambut bahagia oleh para pelajar. Tak terkecuali orangtua.
Peluncuran angkutan gratis
Peluncuran angkutan gratis
“Alhamdulillah, bisa kembali membantu kita para orangtua. Membantu biaya untuk untuk bayar angkutan saat pergi dan pulang anak saya,” kata Rasmiah, salahsatu warga.

Hal senada juga disampaikan, oleh salahsatu pelajar SMP di Lumajang. Ia mengaku senang, karena tak perlu lagi diantar oleh orangtua untuk pergi atau pulang sekolah. “Tentunya senang, tidak ngerepotin orangtua,” ucap Wandi.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Lumajang, Sugeng Supriyono menjelaskan bahwa pada tahun ini, ada 2 program khusus yang diluncurkan. Yakni Angkutan Bus Gratis (ABG) dan Angkutan Pelajar Gratis (APEL).

Pihaknya menyiapkan 2 armada bus gratis yang akan melewati 2 jalur. Dari Kecamatan Kunir – Kota Lumajang dan Kecamatan Rowokangkung – Kota Lumajang. Sedangkan untuk angkutan kota (angkot) pelajar gratis, ada 50 sopir angkot yang diajak kerjasama.

Dishub melaporkan, setidaknya ada sekitar 700 pelajar yang akan memanfaatkan program tersebut. Angkutan gratis tersebut diantaranya bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakan lalu lintas pelajar.

“Serta mengurangi penggunanan roda dua di kalangan pelajar bagi mereka yang belum cukup umur dan meringankan beban keluarga bagi keluarga kurang mampu,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Indah mengungkapkan bahwa di tahun ini, Pemkab menganggarkan pengadaan 1 unit bus. Bus tersebut nantinya dapat digunakan sebagai angkutan umum untuk mempermudah transportasi dari Stasiun Klakah ke Kota Lumajang.

“Bus itu kita gunakan semacam Damri untuk angkutan penumpang dari Stasiun Klakah, karena banyak sekali penumpang yang turun di Stasiun Klakah itu bingung mencari angkutan seperti apa dari sana,” ungkapnya. (*/fit)