Indah: Lewat Buku Kita Tahu Apa Saja

Lumajang, Motim - Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati membuka secara resmi Pameran Buku di Gedung Kesenian dr. Sujono, Kamis (28/2) pagi. Pameran ini digelar oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan bekerjasama dengan salahsatu jaringan toko buku terbesar di Indonesia. 
Wabup melihat pameran buku. (fit) 
Sebelum membuka pameran tersebut, Indah menyampaikan manfaat dari buku yang begitu besar sekali. Dengan hanya membaca buku, sesorang bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang dunia.

“Buku itu jendela dunia. Lewat buku kita tahu apa saja tentang dunia. Isinya laut tanpa menyelam kita tahu dari membaca. Semua itu dari buku,” kata Indah.

Ia pun berterimakasih atas terselenggaranya acara tersebut. Karena dengan adanya pameran buku, artinya juga ikut memandaikan anak bangsa. Wabup pun berharap, acara seperti ini tidak hanya digelar sekali dalam setahun.

Indah menegaskan, toko buku atau pihak yang ingin bekerjasama dengan Pemkab Lumajang, pihaknya siap memfasilitasi. “Kita fasilitasi, saya harap tidak setahun sekali. Yang akan datang tidak usah seremonial,” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada para orangtua, agar anak-anak mulai sejak dini atau Sekolah Dasar (SD) sudah diajari untuk suka membaca. “Kalau PAUD dan TK jangan. Mereka belum waktunya membaca. Biarkan mereka mendongeng, menggambar untuk melatih imajinasi mereka,” pungkasnya.

Acara ini digelar hingga 14 Maret mendatang. Ada banyak jenis buku yang dijual dengan harga murah. Banyak judul buku dijual dengan harga Rp 5 ribu. Di tempat yang sama juga digelar beberapa lomba. Diantaranya bintang kelas, mewarnai dan mengambar, hingga story telling. (fit)