Kapolres-Bupati Cek Kesiapan Satgas Keamanan Desa

Lumajang, Motim - Bupati Thoriqul Haq dan Kapolres AKBP M. Arsal Sahban, serta Dandim Letkol Inf. Ahmad Fauzi melakukan patroli bersama dengan jajaran, Kamis (12/2) malam. Selain menyusuri jalan yang dinilai rawan, keduanya juga menemui Satuan Petugas (Satgas) Keamanan Desa.
Kapolres dan bupati menemui Satgas Keamanan Desa
Kapolres dan bupati menemui Satgas Keamanan Desa
Mereka melakukan patroli dengan mengendarai motor trail. Salah satu satgas yang ditemui adalah di Desa Umbul, Kecamatan Kedungjajang. Untuk memastikan kesiapan mereka dalam membantu kemanan di desa.

Di sana, bupati menyampaikan, dengan adanya satgas ini, dapat menciptakan dan meningkatkan keamanan desa. Thoriq juga ingin agar masing-masing koramil maupun polsek memberikan bekal bela diri kepada anggota satgas.

“Kami ingin bekerja keras untuk selalu bersama-sama dalam meningkatkan keamanan dan membangun Lumajang. Jalan-jalan yang dilewati oleh begal maupun pencurian sapi harus diidentifikasi,” katanya.

Kapolres AKBP M. Arsal Sahban menjelaskan, bahwa tujuan dari satgas ini untuk membantu menjaga keamanan desa. Sehingga siskamling harus tetap dibangun dengan sistem dan budaya kerja yang baik.

Satgas ini juga harus hadir dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Agar mereka lebih dikenal oleh masyarakat. “Kapolsek dan danramil harus mengajak satgas serta menyalurkan ilmunya dalam menciptakan keamanan di desanya,” ujarnya.

Sementara Dandim Letkol Inf. Ahmad Fauzi berpesan kepada satgas ini, agar dapat mengikuti protab-protab yang sudah ada. Diantaranya terkait dengan bunyi kentongan. “Jaga kekompakan masyarakat yang berada di desa, karena dengan kuatnya kekompakan, maka para pelaku akan berfikir apabila ingin melakukan tindak kejahatan,” jelasnya. (fit)