Kontingen Lumajang Ikuti Perkemahan Ma’arif NU Nasional

Lumajang, Motim - Kontingen Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif Lumajang mengikuti ajang Perkemahan Penggalang Ma’arif NU Nasional II (Pergamanas II), di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur.
Pemberangkatan kontingen Lumajang
Pemberangkatan kontingen Lumajang
Ada 4 regu putri dan 2 regu putra yang berangkat ke sana. Kontingen tersebut dilepas oleh Plt. Asisten Administrasi Sekda Kab. Lumajang, Hanifah Diah Ekasiwi, di Pendopo Arya Wiraraja, Senin (18/2).

Dalam sambutannya, Plt. Asisten Administrasi mengatakan, kepramukaan diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan, yang dititik beratkan pada pembinaan dan perkembangan jiwa.

Lanjutnya, bahwa pramuka merupakan pendidikan di luar sekolah dan keluarga dikemas dalam kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis di alam terbuka. Sasaran pramuka adalah pembentukan watak/karakter.

Ia juga mengapresiasi peran Lembaga Pendidikan Ma’arif karena secara tidak langsung ikut andil dan berperan aktif mendidik anak-anak. “Saya berharap kontingen yang mewakili daerah harus menjaga sikap tetap sopan dan terus semangat berusaha meraih kejuaraan yang dilombakan dan menjadi pelopor bagi teman-teman lainnya,” harapnya.

Ketua Pengurus Harian Kwarcab Lumajang, Asep Bambang WS. menyampaikan bahwa kegiatan pramuka adalah pembentukan karakter kerjasama yang baik dan belajar mandiri. Maka dari itu, pembinaan secara rutin harus diciptakan karena kerjasama bukan tercipta dengan sendirinya. Ia menambahkan, agar orang tua jangan terlalu meragukan kemampuan adik-adik pramuka.

Asep juga turut memberikan semangat kepada kontingen Sako Lumajang. Ia juga berpesan agar tidak menyerah dan tetap melakukan semaksimal mungkin untuk Kabupaten Lumajang.

Ketua Lembaga Pendidikan Ma'arif Kabupaten Lumajang, Muhammad Yamin menyampaikan bahwa Pergamanas itu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan 4 tahun sekali. Segala upaya dan koordinasi telah dilakukan demi membawa nama baik Lumajang di Pergamanas II. (*/fit)