Memo Timur Bantu Proses Bedah RTLH di Pasirian

Lumajang,Motim - Proses bedah rumah tak layak huni (RTLH) di Dusun Kedungpakis Desa/Kecamatan Pasirian sudah mulai dikerjakan, Jumat (22/2). Memo Timur Biro Lumajang ikut berpartisipasi agar proses pembedahan rumah milik Sugeng Hariyanto dan keluarganya ini berjalan lancar.
Proses bedah rumah tak layak huni
Redaksi Memo Timur datang langsung ke sana. Untuk memberikan bantuan berupa nasi kotak untuk makan siang bagi tukang maupun warga yang ikut gotong royong membantu mengerjakan bedah rumah itu. Selain nasi kotak juga diberikan air mineral dan rokok.

Selain warga, pihak dari polsek dan koramil juga terlihat ikut membantu di sana. Program bedah rumah ini bisa terlaksana atas bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang. Ditambah pihak lainnya yang juga peduli.

Seperti diketahui, rumah itu kondisinya memprihatinkan. Rumah itu banyak kerusakan. Terutama di bagian belakang. Bahkan nampak sebelum dibedah, rumah tersebut terlihat tidak sehat atau kumuh.

Ditambah lagi ada tiga kepala keluarga yang tinggal di sana. Atau total ada 8 orang. Selain Sugeng dan kedua anaknya, juga ada ibunya yang sudah tua. Ditambah adik kandungnya bersama suami.

“Terlihat, ibu Sugeng yang sudah tua sakit struk dan hanya terbaring di atas kasur saja. Sementara suami dari adiknya juga sedang mengalami sakit. Sementara Sugeng sendiri berusaha mencukupi kebutuhan dengan memulung,” kata Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Sanusi.


Lanjut Atok, sebelumnya ada laporan yang diterima oleh Baznas terkait kondisi rumah di sana. Kemudian pihaknya melakukan survei. Hal inilah yang kemudian membuat Baznas Lumajang memberikan bantuan biaya bedah rumah.

“Selain bedah rumah juga kita bantu uang Rp 400 ribu per bulan dalam setahun, nanti bisa diperpanjang lagi,” ucap Atok.

Pihak desa pun berterimakasih atas bantuan yang telah diberikan. Khoirul Anam selaku Kepala Dusun setempat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses rehab rumah milik Sugeng.

Beberapa hari sebelum proses bedah rumah dilakukan, redaksi Memo Timur Biro Lumajang juga datang ke sana. Untuk memberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai kepada keluarga. “Kita membantu dengan apa yang kita bisa berikan,” kata Mujibul Choir dari Memo Timur Biro Lumajang. (cho/fit)