Puting Beliung Menerjang, Banyak Pohon Tumbang

Lumajang, Motim - Cuaca ekstrim kembali melanda kawasan Lumajang. Hujan deras dan angin puting beliung menerjang, Sabtu (16/2) sore. Akibatnya, banyak pohon tumbang di sejumlah titik. Selain menutup jalan, ada pohon yang merusak rumah warga.
Pohon tumbang
Pohon tumbang
Pohon yang tumbang diantaranya, terjadi di Jl. Raya Lumajang–Jember. Tepatnya di Desa Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung. Pohon yang tumbang itu jenis Trembesi atau Salobin, diameter 60 senti meter itu menutup jalan.

Masih di Desa Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung, pohon tumbang dan menimpa rumah milik Bustami, Slamet, Sodet, Sudari. Dampak kerusakan di rumah itu, mulai kerusakan kecil hingga cukup parah.

Di Wilayah Kecamatan Lumajang, ada pohon sengon yang menimpa kabel listrik yang mengakibatkan tiang listrik tertarik dan akhirnya roboh. Tiang itu juga menimpa rumah warga, milik Suparni di Desa Boreng dan Desa Blukon.

“Di Desa Selokgondang, Kecamatan Sukodono pohon tumbang menimpa rumah ibu Erna Widianti,” kata Sekretaris BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Ia menambahkan, selain BPBD, petugas dari instansi terkait juga ikut turun tangan. Sehingga semuanya bisa ditangani secara cepat. Lalu lintas bisa kembali normal. Evakuasi pohon bisa selesai dilakukan.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” pungkasnya. (fit)