Sehari Polres Lumajang Tangkap 3 Pelaku Narkoba

Lumajang, Motim - Polres Lumajang tidak main-main terhadap peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, baik itu jenis pil koplo, sabu maupun ganja. Melalui Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Lumajang terus melakukan operasi anti narkoba.
Ketiga pelaku narkoba berikut barang bukti
Ketiga pelaku narkoba berikut barang bukti
Dalam operasi itu, unit Opsnal Sat Resnarkoba berhasil meringkus 3 pelaku Narkoba dengan rincian 2 pelaku pil koplo dan 1 pelaku sabu. Pertama unit Opsnal meringkus Eko Ade Saputra bin Asmar (20), warga Dusun Danurojo, Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian, di rumahnya pada Kamis (14/2), sekitar pukul 17.00 WIB.

Dari tangan Eko diamankan sebuah bungkus rokok di dalamnya berisi 1 plastik klip berisi serbuk kristal warna putih, diduga sabu seberat 0,22 gram, seperangkat alat hisap sabu termasuk pivet kaca dan kompor sabu juga sebuah handphone merk Nokia.

Saat diinterogasi oleh penyidik, pelaku mengaku bersalah dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Meski begitu, penyidik tetap menetapkan pelaku sebagai tersangka dijerat pasal 112 jo 127 UURI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

”Sambil menunggu proses hukum selanjutnya, Eko Ade Saputra dijebloskan ke rumah tahanan Polres Lumajang,” ucap Paur Subbag Humas Polres Lumajang, Ipda Catur Budi Bhaskara kepada Memo Timur, Jum’at (15/2).

Dua jam kemudian tepatnya sekitar pukul 19.20 WIB, unit Opsnal meringkus Yoga Andi Setiawan bin Satral (31), warga jalan Juwet, Desa Kuterenon, Kecamatan Sukodono. Pelaku ini ditangkap di depan rumahnya lengkap dengan barang bukti berupa tas kresek.

Setelah dibuka oleh petugas berisi 192 butir pil warna putih berlogo Y, 8 butir pil warna kuning berlogo DMP, 1 bandel plastik klip dan uang tunai puluhan ribu rupiah. Kepada penyidik, Yoga mengaku pil koplo ini dibeli dari seorang temannya bernama Roni Bagdiansyah.

Karena perbuatannya melanggar pasal 197 sub 196 UURI No 36 tahun 2009 tentang kesehatan, usai diperiksa oleh penyidik, bersangkutan terus diamankan ke rutan Polres Lumajang. “Ngumpul sama pelaku lain,” ungkapnya.

Atas keterangan Yoga Andi Setiawan itu kemudian unit Opsnal Sat Resnarkoba langsung mencari keberadaan Roni Bagdiansyah dan berhasil ditangkap di sekitaran jalan Gajah Mada, Desa Kepuharjo, Kecamatan Kota Lumajang, sekira pukul 21.30 WIB.

Barang yang diamankan petugas berupa 1 bandel plastic klip, uang juga HP. Selanjutnya, Roni Bagdiansyah berikut barang bukti terus diboyong menuju Polres Lumajang. Kepada penyidik, bersangkutan mengakui jika yang memasok pil koplo kepada Yoga adalah dirinya.

“Roni Bagdiansyah dijerat pasal 197 sub 196 UURI No 36 tahun 2009 tentang kesehatan,” ungkapnya lagi.

Masih kata Paur Subbag Humas, Polres Lumajang melalui Sat Resnarkoba terus meningkatkan operasi anti narkoba dengan melibatkan semua jajaran Polsek se Kabupaten Lumajang. Dengan cara ini bisa dipastikan kasus peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di Lumajang akan berkurang.

“Kami berharap masyarakat juga ikut andil dalam memberantas narkoba agar hasilnya bisa maksimal, minimal bisa memberikan informasi kepada petugas terdekat,” pungkasnya.(cho)