SKD Dinilai Ampuh untuk Bantu Jaga Kondusifitas

Lumajang, Motim - Satgas Keamanan Desa (SKD) dinilai ampuh dalam membantu mewujudkan kondusifitas keamanan di Lumajang. Hal itu diungkapkan Bupati Thoriqul Haq saat memimpin  dan Ketertiban Umum antara Pemerintah Daerah bersama TNI/Polri/ Kejaksaan di Aula Panti PKK, Rabu (27/2).
Rapat Koordinasi Peningkatan Kerjasama Pemeliharaan Stabilitas Keamanan. (*)
Bupati menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat Lumajang. Bahkan Ia juga ikut memimpin patroli, bersama jajaran Polres dan Kodim 0821 Lumajang.

Ia juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak, termasuk jajaran Forkopimca dan SKD. Karena telah berjuang maksimal dalam menekan angka kriminalitas di Lumajang. "Kerja dan antisipasi keamanan sudah banyak diapresiasi oleh masyarakat, masyarakat sudah bisa merasakan ada penurunan angka kriminalitas di Lumajang," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Lumajang AKBP M. Arsal Sahban menyampaikan bahwa peran SKD dinilai penting untuk mengurangi kriminalitas di Lumajang. Dengan adanya mereka dan patroli rutin, angka kriminalitas di Lumajang bisa turun.

Beberapa kali pihaknya bersama SKD berhasil menggagalkan kasus pencurian sapi dan kasus begal. Ia bersama Tim Cobra dan Tim Pemburu Begal pun mengklaim mampu menurunkan kasus pembegalan di Lumajang.

"Mereka (SKD) menjadi problem solving, harapannya penanganan yang ada di wilayah kalau ada apa - apa mereka bilangnya ke satgas keamanan desa," ungkapnya. (fit)