Surat Suara Pemilu Sudah Tiba di Lumajang

Lumajang, Motim - Surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mulai didistribusikan ke Lumajang. Pendistribusian dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama sudah tiba, Kamis (21/2), siang di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Surat suara tiba di Lumajang
Surat suara tiba di Lumajang
Pendistribusian surat suara ini mendapat pengawalan dari pihak kepolisian dari tempat percetakan di Jember hingga sampai ke gudang. Ada 4 kendaraan logistik yang digunakan untuk mengangkut surat suara itu.

Pendistribusian tahap pertama tiba sekitar pukul 13.30 WIB di gudang yang disewa KPU di Jl. Panjaitan. Pihak dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lumajang juga berada di lokasi. Untuk memastikan jika boks kendaran itu masih tersegel.

Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah menyampaikan, untuk tahap pertama ada 600 ribu lembar suara yang datang. Yakni surat suara untuk Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Daerah Pilih Jember-Lumajang.

Sementara sisanya akan dikirim di hari berikutnya. Proses pendistribusian surat suara DPR ke Lumajang dijadwalkan dilakukan dalam 5 tahap. Terakhir pada Selasa (26/2) mendatang. “Untuk Minggu libur tidak ada pengiriman,” kata Mudawiyah pada wartawan.

Setelah surat suara DPR-RI terdistribusikan semua, selanjutnya DPRD Jawa Timur dan DPRD Lumajang. Sedangkan untuk Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) serta Presiden dan Wakil Presiden masih belum diketahui kapan akan dikirim ke Lumajang.

Mudawiyah menegaskan, proses sortir dan lipat akan dilakukan oleh KPU mulai Senin (25/2), depan. Dalam proses ini KPU mengerahkan 400 tenaga lepas yang sudah direkrut sebelumnya. “Kita jadwalkan selama 10 hari proses ini selesai,” ujarnya.

Sementara soal keamanan di gudang, Ia menegaskan sudah ada pihak kepolisian yang selalu bersiaga di sana. “Kemungkinan akan ada penambahan personil ketika surat suara tiba. Itu Polres yang mengatur,” pungkasnya. (fit)