Terkendala Alat, Pelayanan Adminduk Tuntas di Kecamatan Belum Terlaksana

Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang di 2019 akan menerapkan inovasi baru dalam pelayanan administrasi kependudukan (adminduk). Dimana nantinya pelayanan adminduk harus tuntas di masing-masing kantor kecamatan.
Perekaman E-KTP oleh petugas  langsung di rumah warga. (*)
Hingga saat ini program itu masih belum terlaksana. Wakil Bupati Indah Amperawati menyampaikan jika masih ada kendala alat di kantor kecamatan. Karena harus ada alat rekam dan alat cetak yang memadai. Khususnya untuk alat cetak.

“Ternyata printer untuk itu beda dengan printer yang lainnya. Printer untuk cetak KTP beda jenisnya. Beda tintanya,” kata Indah pada wartawan, Selasa (26/2).

Seperti diketahui layanan ini sesuai janji program Bupati dan Wakil Bupati. Dengan harapan warga yang mengurus adminduk cukup datang ke kantor kecamatan. Tak perlu ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Saat ini Pemkab Lumajang masih melakukan proses pengadaan alat-alat tersebut. “Masih proses pengadaan untuk semua kecamatan,” jelasnya. Kemudian nanti di masing-masing kantor kecamatan juga akan ada tambahan 2 staf dari Dispendukcapil. Khusus untuk pelayanan tersebut.

“Mereka akan melayani KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan seluruh administrasi kependudukan lainnya. Jadi tuntas di kecamatan,” tegasnya.

Indah memperkirakan pada April mendatang semua alat yang dibutuhkan sudah siap. Sehingga pelayanan tersebut bisa berjalan dengan maksimal. “Insyaallah April sudah maksimal, sudah mulai pelayanan untuk administrasi kependudukan,” terangnya.

Namun Ia berharap, kalau bisa sebelum April layanan itu bisa berjalan. “Kita harapkan di pertengahan atau akhir Maret sudah mulai,” pungkas Indah. (fit)