1.550 Ton Beras Lumajang Dikirim ke Maluku dan Papua

Gudang Bulog di Kecamatan Kedungjajang. (*)
Lumajang, Motim - Stok beras di Lumajang. Bahkan hasil panen yang ada, juga untuk mencukupi kebutuhan di daerah lainnya di Indonesia. Seperti di Malku dan Papua. Ada 1.550 Ton beras yang akan dikirim ke dua daerah tersebut.

Untuk ke Maluku, sebanyak 750 beras yang dikirimkan. Pengiriman sudah dilakukan pada Rabu (6/3) lalu melalui Gudang Bulog di Kecamatan Kedungjajang. Dalam waktu dekat, 800 ton beras juga akan dikirim ke Papua.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Lumajang, Agus Widarto mengatakan bahwa ketersediaan beras di Lumajang sangat banyak bahkan surplus. Sehingga juga dikirim ke daerah lainnya.

Namun Ia meminta hal ini tidak menjadikan Lumajang untuk berpuas diri. Ia berharap, seluruh pihak baik bisa tetap meningkatkan produksi pertanian. Untuk menjamin ketahanan pangan di Lumajang.

"Kita akan meningkatkan kualitas beras dari petani, termasuk lahan organik dan sebagainya, kita lakukan bersama-sama, sehingga peningkatan produksi bisa surplus terus dan berdampak pada kesejahteraan petani," tuturnya.

Kepala Bulog Sub. Divre VIII Probolinggo, Herry Suan menjelaskan bahwa Lumajang merupakan salahsatu lumbung beras di Jawa Timur. “Lumajang ini kan lumbungnya padi, lumbungnya beras. Koordinasikan di semua penggilingan, kami siap beli,” tegasnya. (fit)