Aksi Solidaritas untuk Korban Penembakan di Selandia Baru, Mahasiswa Sholat Ghaib dan Nyalakan Lilin

Lumajang, Motim - Aksi penembakan brutal terhadap umat muslim di Selandia Baru, Australia menjadi sorotan dunia. Tak terkecuali bagi warga Lumajang. Puluhan mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Lumajang pun melakukan aksi solidaritas, Senin (18/3) malam.
Aksi solidaritas PMII
Aksi solidaritas PMII
Mereka menggelar sholat ghaib untuk korban, doa bersama, hingga menyalakan lilin sebagai bentuk duka. Lilin itu kemudian dihanyutkan ke Kali Asem. Jumlah lilin yang dinyalakan sesuai dengan jumlah korban penembakan tersebut.

“Ini bentuk duka kami, untuk sodara-sodara muslim di sana,” ungkap Ketua PMII Lumajang, Saiful Anwar.

PMII Lumajang juga mengutuk keras terhadap aksi brutal yang dilakukan oleh pelaku pada Jumat (15/3). Apalagi korban tersebut diberondong peluru saat berada di dalam masjid. Ada dua masjid di Selandia Baru yang menjadi sasaran pelaku.


“Yang pertama kami mengutuk tentunya,” tegasnya.

Saiful Anwar juga menghimbau kepada masyarakat luas agar tidak terpancing dengan aksi terorisme itu. Warga juga diharapkan jangan ikut menyebarluaskan video penembakan yang direkam sendiri oleh pelaku.

“Juga ini bentuk seruan kami agar masyarakat tidak terpancing aksi terorisme apalagi ikut menyebarluaskan video yang di-live pelaku,” tambahnya. (fit)