APBDes Kaliboto Lor Belum Selesai, Pj Kades Baru Dilantik

Lumajang, Motim - Penjabatan (Pj) Kepala Desa Kaliboto Lor, Kecamatan Jatiroto, Slamet Hariyono baru dilantik oleh Waki Bupati, Indah Amperawati, di Gedung Panti PKK, Jumat (22/3). Setelah dilantik, sudah banyak tugas untuknya yang menanti.
Pelantikan Pj Kades
Pelantikan Pj Kades
Salah satunya, adalah segera menyelesaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2019 yang belum selesai. Indah memberikan target, kepada Slamet Hariyono agar bisa menyelesaikannya dalam kurun waktu seminggu sejak dilantik.

“Sehingga pembangunan dan pelayanan masyarakat tidak terlambat dan lama,” kata Indah.

Ia juga menghimbau pada Slamet Hariyono untuk memahami, bahwa Pj. Kades tak jauh beda perannya dengan kades definitif. Utamanya dalam menjalankan tugas, kewenangan, sanksi, penghargaan, dan makna kepemimpinan.

Indah juga meminta agar Ia selalu koordinasi dengan Camat, Kapolsek, dan Danramil mengenai pemerintahan, pembangunan, dan keamanan. “Jangan memaksakan diri untuk menandatangani dokumen apapun yang belum sesuai dengan ketentuan. Jika perlu konsultasikan dengan pak Camat untuk memutuskan kebijakan,” imbuhnya.

Sebagai pemimpin, juga harus dapat memberikan contoh yang baik terkait penggunaan anggaran desa. “Jangan main-main soal anggaran desa, dan jangan melanggar ketentuan dan aturan yang berlaku bahkan Pj. Kepala Desa Kaliboto Lor harus bisa memberikan contoh yang baik kepada Kepala Desa yang lain,” pesannya.

Lanjutnya, bahwa proses pengangkatan Pj. Kades Kaliboto Lor sudah sesuai prosedur, ketentuan dan aturan yang berlaku. Pj. Kades Kaliboto Lor memiliki masa jabatan 9 bulan sampai dengan terpilihnya Kades definitif hasil Pilkades serentak 2019 pada bulan Desember 2019 atau sampai dengan diangkatnya Pj. Kades yang baru. (fit)