Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 terus bergulir. Sekitar 30 hari menjelang masa tenang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lumajang melakukan evaluasi tahapan kampanye. Hasilnya, tak sedikit pelanggaran yang telah ditemukan.

Petugas menertibkan APK yang melanggar
Petugas menertibkan APK yang melanggar
Namun dari semua temuan pelanggaran itu, didominasi pelanggan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang tidak sesuai aturan. Selain itu, pelanggaran lainnya adalah soal tidak ada pemberitahuan ketika ada kampanye.

“Didominasi pelanggaran terkait APK,” Ketua Bawaslu Lumajang, Amin Sobari pada sejumlah wartawan, Kamis (14/3) siang.

Dalam pelanggaran APK itu, diantaranya ada yang melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) maupun Peraturan Bupati. Misalnya terpasang di tempat ibadah, pendidikan, dipaku di pohon serta dipasang di tiang listrik.

Sebelumnya penertiban APK yang melanggar itu sudah dilakukan oleh pihak Bawaslu bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja Lumajang. Ada ratusan APK melanggar yang dicopoti. Dalam waktu dekat, penertiban juga bakal kembali dilakukan.

Memang soal APK, tidak ada sanksi berat yang diberikan kepada pelanggarnya. “Kita sudah berikan teguran kepada pihak yang bersangkutan atau partai,” kata Amin saat ditemui di Sekretariat Bawaslu Lumajang.

Kemudian mengenai kegiatan kampanye tanpa pemberitahuan, ada sejumlah temuan pada Bawaslu. Sejumlah calon legislatif (caleg) diketahui melakukan kampanye tanpa melayangkan pemberitahuan pada kepolisian dan ditembuskan ke KPU dan Bawaslu.

Sama dengan APK, tidak ada sanksi berat yang diberikan. Hanya teguran saja. “Ada tiga partai tidak berikan pemberitahuan. Sudah kita tegur,” jelasnya.

Amin pun berharap, para peserta Pemilu agar memiliki iktikad baik dalam melaksanakan kampanye. Yakni dengan memberikan pemberitahuan. Agar kemudian bisa lebih mudah dalam melakukan pengawasan. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: