Baznas Berikan Pelatihan Mekanik Motor pada Pengangguran

Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang memberikan fasilitas pelatihan mekanik motor kepada para pengangguran. Pelatihan ini bekerjasama dengan Lembaga Ketrampilan dan Pelatihan Anugerah Kunir.
Pelatihan mekanik motor yang dilaksanakan oleh Baznas
Pelatihan mekanik motor yang dilaksanakan oleh Baznas
Pelatihan kerja ini merupakan salah satu program Baznas di bidang ekonomi produktif. “Dengan harapan memberdayakan mustahik dan dhuafa,” kata Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi pada Memo Timur, Rabu (20/3).

Pada pelatihan periode ini, ada 10 peserta yang mengikuti. Mereka adalah anak-anak muda di bawah usia 25 tahun. Dikhususkan bagi mereka yang lulusan SMA dan sederajat atau putus sekolah.

Baznas menggandeng Lembaga Ketrampilan dan Pelatihan Anugerah Kunir, karena di sana sudah memiliki fasilitas pelatihan mekanik motor yang lengkap. Selama ini lembaga tersebut, memang fokus sebagai tempat pelatihan mekanik motor.

“Jadi bukan hanya memiliki bengkel, di sana peralatannya juga lengkap. Ada 10 motor yang khusus dibuat untuk praktek,” kata Atok.

Sengaja para pengangguran ini digandeng, agar mereka memiliki ketrampilan serta bisa bekerja dan mandiri. Pelatihan tersebut berjalan selama 3 bulan. Sudah dimulai pada Februari lalu, dan akan berkahir pada April mendatang.

“Awalnya ada 50 calon peserta yang mendaftar. Karena kuota kita hanya untuk 10 anak, maka kita seleksi. Kita utamakan mereka yang dari keluarga tidak mampu. Serta punya minat di bidang otomotif. Pihak lembaga juga dilibatkan dalam seleksi peserta pelatihan tersebut,” ujarnya.

Setelah lulus dari pelatihan ini, peluang mereka untuk bekerja sebagai mekanik di bengkel juga terbuka lebar. Karena saat ini, sebelum mereka lulus pelatihan pun, sudah ada banyak bengkel yang bersedia merekrut mereka.

“Begitu keluar, semua anak sudah ada yang menampung,” tutur Atok.

Pelatihan yang diberikan kepada peserta ini diberikan secara gratis. Tidak dipungut biaya. Bahkan mereka masih diberi seragam dan uang transport. “Setelah lulus juga akan kita berikan satu set peralatan bengkel,” ungkapnya.

Pada tahun ini, hanya ada satu periode pelatihan mekanik motor. Tapi di tahun ini juga, bakal ada jenis pelatihan kerja lainnya. Yakni pelatihan di bidang IT (Informsasi Teknologi). Namun belum dipastikan kapan pelatihan itu akan digelar. (fit)