Bupati Resmikan Air Terjun Trap Sewu

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq telah meresmikan Tempat Wisata Alam Air Terjun Trap Sewu yang tertelak di Dusun Randuagung, Desa Bodang, Kecamatan Padang, Rabu (27/3) pagi. Peresmian itu juga diselingi aksi penghijauan di kawasan tersebut.
Bupati resmikan Air Terjun Trap Sewu
Bupati resmikan Air Terjun Trap Sewu
Bupati berharap mata air yang ada bisa terus terjaga. Caranya dengan terus peduli terhadap lingkungan di sana. Ia menegaskan, bahwa peduli lingkungan merupakan tanggung jawab semua elemen.

Ia berharap, pemerintah maupun masyarakat dapat menjaga kelestarian lingkungan dengan cara penanaman pohon serta menjaga sumber mata air. “Saya ucapkan terimakasih, khususnya kepada Dinas Lingkungan Hidup karena sudah melaksanakan berbagai program peduli lingkungan,” ujarnya.

Thoriq menjelaskan bahwa, pohon yang ada di Lumajang sangat produktif. Terutama tanaman pohon seperti Sengon. Namun Ia menyebut bahwa, tanaman sengon tidak bisa diharapkan sebagai tanaman yang bisa melestarikan lingkungan dengan kurun waktu yang lama.

“Tanaman sengon cuma bertahan dalam kurun waktu 5 tahun, karena setelah itu harus ditebang untuk dipanen,” jelasnya.

Ia juga berharap, Dinas lingkungan hidup dapat melaksanakan program yang sekiranya dapat mendukung kelestarian lingkungan hidup lebih lama lagi. Itu bertujuan untuk menambah debit sumber mata air yang ada.

“Sehingga sumber mata air bisa dinikmati untuk selama lamanya,” ungkapnya.

Aksi penghijauan tersebut, diantaranya melibatkan jajaran Dinas Lingkungan Hidup, warga RT/ RW Desa Bodang, Tokoh-tokoh masyarakat, dan jajaran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS. (fit)