Cak Buari Siap Atasi Kekeringan dan Kriminalitas di Wilayah Utara

Lumajang, Motim - Cak Buari. Calon Legislatif (Caleg) DPRD Lumajang ini memiliki komitmen kuat untuk membuat perubahan di Kota Pisang. Khususnya di wilayah Lumajang bagian utara. Atau Daerah Pilih (Dapil) V yang mencakup Kecamatan Kedungjajang, Randuagung, Klakah, dan Ranuyoso.


Caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nomor urut 8 itu, berjanji akan mengatasi persoalan yang selama ini ada di Lumajang bagian utara. Yakni persoalan kekeringan dan kriminalitas. Karena persoalan tersebut terus membayangi warga disana.

Pemerintah dan pihak pengamanan memang sudah berupaya untuk mengatasi itu. "Namun tanpa intervensi kuat dari legislatif, tentunya persoalan yang diselesaikan akan pada permukaan saja. Tidak secara menyeluruh. Tidak sampai ke akar-akarnya," katanya.

Seperti diketahui, kekeringan adalah masalah klasik disana. Setiap tahun dipastikan ada sejumlah desa yang kusulitan air bersih. Tidak cukup hanya dengan droping air bersih. Namun perlu adanya aliran air yang terus menyuplai warga disana.

"Itu yang akan saya perjuangkan. Karena warga juga memiliki hak untuk mendapatkan air bersih," ucapnya.

Menurutnya, jika Pemkab Lumajang sudah memiliki rencana juga untuk mengatasi ini, maka perlu terus didodorong agar secepatnya terealisasikan. Ia juga akan berusaha mendatangkan bantuan program dan pihak provinsi atau pusat untuk mengatasi ini.

"Tentunya ada banyak cara untuk mengatasi kekeringan," jelasnya.

Lanjutnya, jika ada mata air yang bisa dioptimalkan untuk mengatasi desa rawan kekeringan, tentu harus dilakukan. "Apapun caranya, saya berjanji akan mengatasi kekeringan disana. Agar warga tidak kesulitan air bersih lagi," ungkapnya.

Kemudian, masalah kriminalitas. Seperti diketahui wilayah utara juga memiliki problematika ini cukup lama dan variatif. Diantranya masih rawan pembegalan dan pencurian hewan ternak. Cak Buari pun akan berusaha keras untuk mengatasi hal itu.

Saat ini memang Polres Lumajang juga berupaya mengatasi itu. Dan menjadi salahsatu prioritas kapolres. Namun sebagai putra asli Desa Tanjung Kecamatan Randuagung, juga memiliki tanggungjawab besar untuk ikut mengatasi persoalan tersebut. Karena Ia yakin, tidak cukup hanya pihak kepolisian saja.

"Satgas Keamanan Desa juga sudah dibentuk. Nanti jika saya terpilih, saya akan lebih menguatkan keamanan di masing-maaing desa," terangnya.

Cak Buari yang sudah berpengalaman menjadi kepala desa, tentunya sedikit banyak mengetahui kultur masyarakat disana. Apa masalah utama dan bagaimana cara mengatasinya. "Untuk mengatasi masalah yang ada, juga harus dengan pendekatan kepada masyarakat," katanya.

Mantan Kades Tanjung itu, juga sudah twrbiasa blusukan. Melakukan dialog langsung dengan warga. Sehingga bukan hal baru baginya, jika nanti terpilih, untuk terjun langsung ke masyarakat. Melakukan serap aspirasi, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

"Saya siap benar-benar jadi wakil rakyat. Untuk kepentingan rakyat," pungkasnya.(cho)