Dana Desa akan Difokuskan untuk Produk Olahan Pertanian

Bupati Thoriqul Haq. (fit) 
Lumajang, Motim  - Bupati Thoriqul Haq ingin Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di Lumajang bisa dikelola lebih optimal lagi. Ia berharap, dana itu bisa untuk meningkatkan perekonomian di desa. Salahsatunya adalah untuk mengembangkan produk olahan pertanian.

Seperti diketahui, sektor pertanian menjadi salahsatu tumpuan ekonomi terbesar di Lumajang. Namun tak cukup hanya hasil mentah saja. Bupati ingin, hasil pertanian itu juga menjadi produk olahan. Karena Ia menilai selama ini itu belum maksimal.

“Banyak desa yang punya produk pertanian tapi olahan belum maksimal. Misalnya packing beras, itu contohnya,” katanya pada wartawan.

Sehingga melalui dana yang besar itu, bupati meminta semua desa memperkuat inovasi program desa. Selain pertanian, juga bisa untuk mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada di desa tersebut. Ia juga yakin banyak potensi desa yang belum dioptimalkan.

“Karena anggaran sudah ada, sekarangan tantangan bagi desa, mai optimal denga inovasinya atau tidak,” ujarnta.

Menurutnya, sudah ada desa yang bisa mengoptimalkan dana desa tersebut melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). “Sudah ada contoh nyata. Bahkan memiliki pendapatan desa yang lebeh besar dari dana desa,” ucapnya.

Tapi Tahoriq menegaskan, bagi desa yang belum maksimal infrastrukturnya, maka dana yang ada diutamakan untuk pembangunan infratrusktur itu dulu. “Jika ada infratsruktur yang belum dibangun, jalan belum. Dibangun dulu,” terang dia.

Namun bagi desa yang sudah beres untuk infratrukturnya, Ia memerintahkan agar selanjutnya dana desa difokuskan untuk meningkatan ekonomi masyarakat. “Bisa melalui Bumdes, yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa,” pungkasnya. (fit)